sankelux ×

Ketahui Sistem Kerja Sampai Harga Solar Cell untuk Rumah Tangga

SANKELUX – Ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari dapat diadaptasikan dengan penggunaan solar cell (sel surya) untuk rumah tangga. Solar cell merupakan perangkat atau komponen yang dapat mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik dengan menggunakan prinsip efek photovoltaic. Dengan begitu, masyarakat dapat meminimalisir dampak pemanasan global dalam pengadaan tenaga listrik dengan menggantikan tenaga batu bara (PLN) menjadi tenaga surya menggunakan solar cell.

Sebagai negara tropis, Indonesia sangat kaya akan cahaya matahari. Dengan perangkat solar cell ini cahaya yang masuk akan menghasilkan tegangan dan arus yang lebih kuat pada umumnya. Sehingga, solar cell dapat menjadi sumber listrik untuk berbagai macam perangkat yang ada di rumah maupun sekitar Anda.

Cara kerja solar cell

Cara kerja solar cell ini cukup sederhana. Komponen utama dari solar cell terbuat dari bahan semikonduktor, dimana didalamnya setidaknya terdapat dua lapisan semikonduktor berupa positif dan negatif. Saat solar cell bekerja, maka ia akan menangkap sinar matahari yang berupa partikel kecil dari energi foton matahari.

Saat energi foton yang diserap oleh lapisan negatif dari solar sel telah cukup, maka elektron akan dibebaskan dari lapisan negatif menuju ke lapisan positif, sehingga timbul beda potensial alias tegangan. Dari situlah akan timbul energi listrik yang nantinya dapat disimpan ke dalam sebuah baterai, sehingga solar cell dapat digunakan selama 24 jam.

Listrik yang dihasilkan oleh sistem solar cell juga dapat digunakan secara langsung. Misalnya, untuk menggunakan lampu, pompa, radio, dan sebagainya. Bukan hanya itu, listrik juga dapat digunakan untuk peralatan rumah tangga yang memiliki watt cukup besar, seperti lemari pendingin dan air conditioner (AC).

Harga solar cell untuk rumah tangga

Jika bicara mengenai harga solar cell untuk rumah tangga, kamu akan dikenakan biaya yang relatif mahal. Namun, biaya ini mencakup alat dan jasa pemasangannya. Apabila dibandingkan dengan listrik pada umumnya, solar cell memiliki keuntungan yang akan Anda dapatkan sampai bertahun-tahun lamanya. Untuk penggunaan rumah tangga biasanya dapat bertahan hingga 20 – 25 tahun.

Sebelumnya, Anda perlu menyiapkan beberapa komponen yang dibutuhkan, berupa solar cell, module/PV, solar charge controller, baterai, dan inverter DC to AC. Semua alat ini untuk menghasilkan aliran listrik.

Kebutuhan listrik setiap rumah tentu berbeda-beda. Untuk pemakaian 1500 watt, kapasitas umum untuk solar cell yang di pasang di atap rumah kurang lebih memenuhi sekitar 1000WP. Sementara untuk harga solar cell untuk rumah tangga pun berbeda-beda. Salah satunya Anda dapat melihat biayanya melalui website berikut https://www.sankelux.co.id/product?id=109

1
2