×

On 15-Jan-2019

SANKELUX- Penggunaan solar panel kian menjadi pilihan utama sebagai alternatif energi, selain karena energi terbarukan dan bebas didapatkan, pemasangan komponen pun relatif cukup murah. Ya, untuk memasang komponen, jumlahnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya untuk harga solar cell 100 watt, tentu akan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan kebutuhan harga listrik tenaga surya 500 watt.

Tapi pernahkan Anda bertanya-tanya bagaimana sumber energi yang Anda gunakan berproses dan berubah menjadi listrik. Proses mengenai cara tenaga surya dapat menghasilkan energi listrik bisa menjadi topik yang misterius dan mungkin membingungkan bagi sebagian orang. Nah, dalam tulisan kali ini, penulis akan memudahkan Anda untuk memahami hal tersebut.

Komponen Dasar Solar Panel

Langkah pertama untuk mengetahui cara kerja panel surya adalah memahami dari apa bahan dasar komponen  solar panel itu dibuat. Banyak solar panel yang menggunakan silicon sebagai bahan baku, yang merupakan elemen paling umum yang dapat ditemukan di planet kita. Namun, untuk menciptakan kristal silicon dengan kualitas yang baik, prosesnya cukup sulit dan mahal. Sistem listrik tenaga surya yang dipasang untuk rumah tangga, biasanya dibangun dari bahan yang sama, tetapi lebih murah. Seperti tembaga, indium, gallium dan selenide (CIGS); yang mana material tersebut tidak sebagus dan seefisien silicon berkualitas tinggi. Namun tetap, material tersebut dapat menyediakan jumlah daya yang cukup dengan biaya yang wajar untuk kebutuhan rumah tangga.

Selama pembuatan, beberapa unsur-unsur kecil lain diperkenalkan untuk mengubah muatan listrik dari atom silicon. Ini akan menghasilkan electron negatif (tipe-n) silicon dan electron positif (tipe-p). Ketika digabung, kedua silicon ini akan membentuk sel fotovoltaik. Dan ketika sel tersebut ditempatkan dibawah kaca secara bersamaan, kedua tipe electron akan berubah menjadi sebuah panel surya.

Di dalam panel surya, ada pelat logam konduktif yang terhubung ke kabel yang mengarah ke penggabung array gabungan. Suatu perangkat digunakan untuk mengumpulkan energy melalui inverter, dimana arus listrik akan langsung diubah menjadi arus listrik bolak-balik.

Solar Panel Mengubah Tenaga surya Menjadi Listrik

Tenaga Surya adalah bentuk energi yang terdiri dari partikel tak terlihat yang disebut photon, yang memiliki energy dengan massa sisa 0. Ketika photon bersentuhan dengan partikel lain, energy akan berkembang dengan berbagai cara tergantung pada jenis atom apa yang photon sentuh.

Di sisi lain, listrik dihasilkan ketika electron mengelilingi atom-atom, yang bergantung pada jenis material silicon untuk pembuatan sel fotovoltaik. Ketika matahari menyentuh kristal silicon, electron di dalamnya mulai melompat naik dan turun. Setelah electron cukup terbebani, ia akan melepaskan diri dan bergerak lebih bebas. Elektron tipe-n akan mencari silicon tipe-p untuk menggantikan elektron yang hilang dalam atom mereka, dan menghasilkan arus listrik dari gerakan elektron-elektron ini.

Kualitas semi konduktor dari silikon (sesuai dengan material bahannya) memungkinkan untuk mempertahankan ketidakseimbangan elektron yang konstan. Artinya, pasokan listrik tenaga surya akan selalu siap setiap kali photon menghantam panel surya. Arus yang dikumpulan oleh kabel kemudian akan dibawa menuju seluruh sistem dan mengantarkan listrik.

On 15-Jan-2019

SANKELUX - Pemanfaatan atap rumah sebagai sumber listrik dapat menjadi pilihan untuk memaksimalkan ruang bangunan. Terlebih, listrik yang dihasilkan gratis dan bebas polusi. Penggunaan panel surya untuk atap rumah bisa menjadi solusi untuk penyediaan energi bersih.

Lalu bagaimana untuk harga panel surya untuk rumah tangga? Pembiayaan penggunaan panel surya untuk atap rumah tergantung pada fungsi dan kebutuhan sistem itu sendiri. Perbedaan mendasar yang paling berpengaruh adalah penggunaan jenis inverter dan pilihan baterai, Anda menggunakannya atau tidak.

Setelah mendapat jawaban dari ketiga pertanyaan diatas, berikutnya Anda akan mengetahui sistem solar panel seperti apa yang cocok untuk diaplikasikan. Beserta harga solar panel untuk  rumah tangga yang harus Anda keluarkan. Secara garis besar, berdasarkan fungsi dan kebutuhannya, ada 4 jenis aplikasi sistem panel surya untuk atap rumah.

1.       Grid-Tie

Listrik surya yang diproduksi dayanya digunakan langsung untuk mensuplai listrik ke PLN, supaya dapat digunakan kembali sewaktu-waktu.

2.       Grid Interactive/Smart

Listrik surya yang digunakan langsung untuk mensuplai listrik ke PLN, juga disediakan baterai sebagai cadangan daya, sehingga listrik rumah aman meskipun PLN padam.

3.       Grid Hybrid

Listrik surya yang digunakan secara bersama-sama antara PLN dengan genset atau tipe pembangkit lainnya dan mampu menjadi cadangan daya di saat listrik padam.

4.       Off Grid

Listrik surya ini dapat digunakan secara mandiri tanpa terhubung dengan listrik PLN, karena ketersediaan baterai sebagai cadangan daya.

Untuk menentukan harga panel surya untuk rumah tangga, Anda harus mengenali karakter rumah. Dengan menjawab beberapa pernyataan seperti, 1) Atap Anda mengarah kemana? 2) Apakah rumah Anda di aliri listrik PLN 24 jam? 3) Berapa besar kWh meter rumah Anda setiap bulannya?.

Secara umum, listrik yang dihasilkan panel surya dapat mendukung seluruh bentuk beban yang digunakan. Mulai dari lampu, kulkas, hingga menggerakan mesin. Sehingga semakin besar kebutuhan listrik pengguna, maka akan semakin banyak pula biaya yang perlu disiapkan. Apalagi jika kebutuhan cadangan listrik untuk di rumah juga besar.

Produk dan komponen pelengkap sistem panel surya di atap juga memiliki kualitas dan harga yang bervariasi. Sebagai catatan, listrik surya yang menggunakan baterai (grid interactive dan off grid) akan memiliki harga cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan system grid tie.

On 10-Jan-2019

SANKELUX-Industri tenaga surya atau dikenal sebagai solar panel telah tumbuh dan berkembang pesat di dekade ini. Terlebih di Negara maju seperti Amerika Serikat, industry ini telah menjadi mainstream dan telah digunakan oleh 70% masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari.

Jika Anda tertarik terhadap energi terbarukan seperti energi matahari, memahami seluk beluk tentang energi ini tentunya akan sangat membantu. Di artikel ini, penulis akan mengupas secara tuntas fakta-fakta mengenai energi matahari yang mungkin akan mengejutkan Anda.

1.       Solar panel merupakan sumber energi termurah dan paling melimpah di seluruh dunia jika dibandingkan dengan energi terbarukan lainnya.

2.    Tenaga surya diukur dalam satuan watt (kilowatt, megawatt, gigawatt dan terawatt) 1000 watt setara dengan 1 kilowatt, 1000 kilowatt setara dengan 1 megawatt, dan begitu seterusnya. Jika rumah Anda mengeluarkan biaya untuk harga listrik tenaga surya 1000 watt, artinya Anda menggunakan tenaga surya sebesar 1 kilowatt.

3.       Saat ini, matahari membakar hydrogen. Suatu hari nanti ketika hydrogen hilang, ia akan beralih ke helium. Tapi hal tersebut tidak akan berpengaruh terhadap sistem solar panel.

4.       Potensi tenaga surya pertama kali ditemukan oleh Alexandre Edmund Bacquerel pada tahun 1839. Dan sel fotovoltaik  atau sel PV dikembangkan tahun 1954 oleh Bell Laboratories. Kemudian solar panel pertama kali dijual bebas untuk publik di tahun 1956 dengan harga $ 300 watt per 1 watt solar cell.

5.       Exxon Mobil merupakan salah satu perusahaan pertama yang meneliti cara untuk menurunkan biaya sel surya. Awalnya digunakan untuk menyalakan lampu peringatan pada rig minyak.

6.       Tenaga surya dapat memberikan daya 24 jam setiap harinya sekalipun saat cuaca mendung atau malam hari. Karena komponen solar panel terdiri dari inverter dan baterai yang mengubah tenaga surya menjadi listrik dan akan menyimpannya untuk digunakan di lain waktu.

7.       Energi ini tidak hanya dimanfaatkan untuk listrik. Tapi untuk teknologi modern lainnya seperti fotovoltaik, pemanas matahari, fotosintesis buatan, arsitektur surya, biomass, dan alat transportasi.

8.       Teknologi panel surya dapat dibedakan menjadi aktif dan pasif. Untuk penggunaan fotovoltaik dan kolektor panas matahari merupakan aktif. Dan penggunaan teknologi pasif untuk meningkatkan sirkulasi udara.

9.       Bumi mendapatkan 174 petawatt dari radiasi matahari. Sekitar 30% dipantulkan kembali ke angkasa. Sisanya diserap oleh lautan, awan, dan daratan.

10.   Siklus air merupakan hasil dari insulasi matahari. Bumi, lautan, dan atmosfer menyerap radiasi matahari dan menyebabkan konveksi di lautan dan kondensasi uap air di awan yang kemudian akan turun sebagai hujan.

11.   Tenaga surya juga memiliki kegunaan lain, yaitu agrikultur, holtikultur dan fotosintesis fosil. Energi ini diubah oleh tanaman hijau menjadi energy kimia yang menciptakan massa bio yang membentuk bahan bakar fosil.

12.   Tenaga surya juga dapat digunakan untuk membuat air minum, air payau atau air asin. Bahkan pembentukan garam dari air laut juga merupakan salah satu hasil dari tenaga surya.

13.   Tenaga surya tidak menghasilkan polusi baik polusi udara, suara dan limbah lainnya yang akan berdampak buruk bagi lingkungan. Secara ekologis, penggunaan tenaga surya sangat diterima.

14.   Tenaga surya sedang dikembangkan sebagai sumber energi utama untuk menggerakan pesawat luar angkasa oleh NASA.

15.   Bumi menerima sekitar 1.366 watt radiasi matahari langsung per meter persegi.

16.   Pembangkit listrik tenaga surya terbesar berlokasi di Gurun Mojave di California, dengan luas 1000 hektar, terbesar di seluruh dunia.

17.   Panel surya bebas dari biaya perawatan. Sekali dipasang, panel surya dan komponen lainnya tidak ada biaya tambahan karena tidak memerlukan perawatan khusus.

18.   Tenaga surya telah digunakan selama lebih dari 2.700 tahun. Pada 700 SM, cahaya matahari digunakan untuk membuat api dengan memperbesar cahaya menggunakan batu seperti kaca.

19.   Matahari juga merupakan sumber energi utama dari bahan bakar fosil tak terbarukan, seperti batubara, gas dan minyak bumi. Yang merupakan hasil fotosintesis dan penguapan dari hewan dan tumbuhan yang hidup jutaan tahun sebelumnya.

20.   Penggunaan panel surya untuk rumah tangga di atap dapat mengurangi polusi sebesar 100 ton CO2 karbon dioksida dalam masa hidupnya. Ini termasuk energi yang dibutuhkan untuk memproduksi panel surya. 4 panel surya setiap rumah dapat meningkatkan kualitas udara dan mengurangi global warming.

On 10-Jan-2019

SANKELUX - Irigasi pertanian untuk sawah padi ataupun ladang perkebunan merupakan bagian yang paling vital bagi petani. Khususnya untuk petani sawah karena padi merupakan jenis tumbuhan yang banyak membutuhkan air guna menghasilkan panen yang maksimal. Namun, meski teknologi dan peralatan pompanisasi untuk memperoleh air telah tersedia dan mudah diperoleh, pada daerah-daerah tertentu ketersediaan tenaga penggerak pompanisasi acapkali masih menjadi hambatan.

Untuk solusi pengairan atau irigasi tersebut, agar terbebas dari pembelian BBM solar, elpiji atau bensin, jawabannya adalah pompa air tenaga surya sederhana. Sebagaimana namanya, Pompa air tenaga surya sederhana berfungsi untuk menyedot air dari dalam tanah ke permukaan yang digerakan dengan tenaga surya. Secara fisik, fungsi dan instalasi pompa air ini tidak berbeda dengan pompa air konvensional.

Menggunakan teknologi panel solar atau sel surya, sangat cocok untuk pertanian di Indoneia yang mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun. Terlebih jika pompa air tenaga surya sederhana ini digunakan secara kolektif oleh satu desa, tentunya akan mereduksi beban biaya solar panel yang harganya tidak murah.

Membeli pompa air tenaga surya artinya investasi jangka panjang. Petani akan terbebas dari pembelian bahan bakar karena pompa air akan terus bekerja selama mendapatkan sinar matahari. Debit air yang besar dan terus mengalir ini dapat langsung dialirkan ke persawahan atau ditampung terlebih dulu. Harga untuk satu unit mesin pompa air sekitar 19 juta, dan horga solar panel sekitar 1 jutaan per unit dan solar pump inverter senilai 6 jutaan.

Untuk contoh gambar, pompa air tenaga surya diatas, menggunakan tiga bagian utama, yaitu solar panel PV yang berfungsi untuk mengubah tenaga surya menjadi tenaga listrik. Kemudian terdapat controller, serta pump atau pompa.

Pompa air tenaga surya juga bisa dipakai secara akumulatif yang akan mereduksi biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli unit yang diperlukan, seperti solar panel. Cara ini dapat menjaga stabilitas pasokan air ke lahan pertanian, mengubah pola pertanian tadah hujan menjadi sistem irigasi modern. Energi matahai akan menyediakan air sepanjang tahun sehingga lahan pertanian akan siap panen tanpa harus terkendala musim.

On 26-Des-2018

SANKELUX- Perkembangan panel surya di Indonesia semakin meningkat dengan adanya Peraturan Menteri ESDM No. 49 Tahun 2018 tentang Penggunaan Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap. Peraturan ini mengatur hal-hal mendasar untuk mendorong percepatan pembangunan energi surya, khususnya rooftop solar (panel surya) di Indonesia. Peraturan ini berisi ketentuan teknis  mengenai kapasitas pemasangan panel atap rumah atau gedung, skema transaksi kredit listrik dengan PLN, prosedur perizinan dan pemasangan, serta prosedur penggunaan rooftop bagi pelanggan industri.

Lalu bagaimana peraturan khusus pemasangan panel surya atap di Indonesia? Berikut fakta-fakta menarik mengenai peraturan panel surya atap yang telah dirangkum oleh penulis:

1.       Izin Pemasangan Panel Surya

Menurut Direktur Utama PLN Sofyan Basir, secara teknis penyaluran panel surya atap tanpa izin dapat mengganggu penyaluran listrik konvensional oleh PLN. Sebab, PLN tidak mengetahui kapasitas dari aliran listrik itu sendiri sehingga ketika di ekspor secara berlebihan dapat menyebabkan terganggunya aliran listrik tersebut.

Peraturan ini mensyaratkan pelanggan untuk mengajukan izin terlebih dahulu pada kantor regional PLN. Hal ini akan memberikan kewenangan mutlak pada PLN sebelum pelanggan menginstalasi panel surya atap di Indonesia.

Konsumen kemudian tinggal mendaftarkan nomor identitas konsumen PLN dengan merubah mekanisme pembayaran dari prabayar menjadi pascabayar. Selain itu, konsumen perlu mencantumkan sistem daya yang terpasang dan spesifikasi alatnya yang kemudian nantinya akan diverifikasi dan diberikan persetujuan.

 

2.       Batas Kapasitas Pemasangan Panel Surya

Dalam Peraturan Menteri No. 49 Tahun 2018 tersebut, disebutkan bahwa tujuan penggunaan sistem PLTS atap adalah untuk menghemat tagihan listrik. Namun, masyarakat yang berniat menginstalasi sistem tersebut tidak boleh melebihi daya listrik yang saat ini dimiliki. Di pasal 5 disebutkan, bahwa kapasitas sistem panel surya atap dibatasi dan tidak  dapat memasang daya maksimal 90% dari daya listrik yang tersambung dan mengalir dari PLN. Misalnya, Anda menggunakan listrik dari PLN sebesar 6000 watt, jadi Anda dapat menginstalasi sistem dengan harga panel surya 5000 watt.

  

3.       Konsumen Sekaligus Produsen

Jika dahulu masyarakat menjadi konsumen karena hanya membeli listrik dari PLN, maka sekarang semuanya menjadi berbeda. Dengan adanya sistem listrik tenaga surya yang bersifat mandiri, konsumen dapat menjadi produsen listrik. Tidak hanya itu, bahkan dalam peraturan menteri yang dikeluarkan pada 16 November 2018 yang lalu, pemerintah telah mengeluarkan peraturan serta jaminan penjualan listrik kepada PLN. Ya, Anda dapat menjual listrik kepada PLN dari sistem panel surya yang terpasang dirumah Anda. Tetapi tarif listrik yang dijual ke PLN ini dibatasi.

Dalam pasal 6, disebutkan bahwa pengguna panel surya atap dapat menjual kelebihan listriknya berdasarkan kWh ekspor yang tercatat pada meter kWh ekspor-impor dikalikan 65%. Penghitungan energy listrik Anda akan dilakukan setiap bulan berdasarkan selisih nilai kWh impor dan nilai kWh ekspor. Artinya, masyarakat tidak akan mendapatkan harga jual listrik yang setara dengan harga jual PLN ke masyarakat. Misalnya, saat ini PLN menjual listrik ke masyarakat Rp. 1.352 per kWh. Maka tarif listrik yang dijual ke PLN hanya dibayar 65% dari harga per kWh.

 

Oleh karena itu, untuk memudahkan Anda dari peraturan ini khususnya untuk poin pertama, sebaiknya pemasangan panel surya atap dilakukan oleh badan usaha dengan sertifikat tertentu. Sehingga pengajuan persyaratan teknis akan lebih cepat di verifikasi dan diberikan izin. Sankelux merupakan badan usaha yang setiap produksinya telah mendapatkan sertifikasi dari badan sertifikasi nasional dan internasional terpercaya. Serta telah mengantongi sertifikat mutu ISO.

On 26-Des-2018

SANKELUX- Sel surya merupakan sebuah perangkat yang mengubah energi sinar matahari menjadi energi listrik dengan proses fotovoltaic atau PV. Untuk mendapatkan tegangan listrik yang besar sesuai keinginan, diperlukan beberapa sel surya yang tersusun secara seri. Mungkin di antara Anda ada yang berfikir bahwa panel surya dengan daya yang rendah, seperti harga solar cell 100 watt tidak dapat ditingkatkan secara penuh. Padahal, Ketika memilih panel surya, ada beberapa faktor lain yang sangat penting untuk dipertimbangkan.

Efisiensi penggunaan dari masing-masing sumber energi listrik alternatif perlu diketahui lebih jauh supaya dalam penggunaannya didapatkan hasil yang maksimal. Efisiensi ini menjadi penting karena dapat membantu Anda dalam memilih perangkat yang tepat untuk sistem panel surya. Untuk area pemasangan yang sempit misalnya, diperlukan efisiensi panel surya yang lebih tinggi, sehingga dapat memaksimalkan produksi daya yang dihasilkan.

1.       Suhu Udara

Tingkat suhu lingkungan akan mempengaruhi kinerja solar panel. Idealnya solar panel akan bekerja maksimal pada temperatur 25°C. Jika suhu semakin meningkat, maka efisiensi kinerja panel surya juga akan menurun. Suhu di wilayah Indonesia sendiri berkisar antara 25-35°C, sehingga panel surya dapat mengalami degradasi efisiensi produksi hingga 10%.

Untuk mengatasi masalah ini, cara pemasangan solar panel lah yang harus diperhatikan. Anda harus memastikan terdapat ruang yang cukup di bawah panel surya, sehingga akan terdapat aliran udara yang akan menurunkan suhu panel surya pada saat suhu udara sedang dalam puncak tertinggi.

 

2.       Posisi Penempatan

Posisi penempatan menjadi hal kedua yang sangat berpengaruh terhadap efisiensi kinerja panel surya. Saat menginstalasi sistem ini, perhatikan lokasi yang paling tepat. Yaitu, lokasi yang tidak memiliki objek penghalang yang dapat menghasilkan bayangan pada panel surya.

Untuk kinerja panel surya terbaik, pastikan lokasi yang berada dari sudut terjauh. Jika terdapat tanaman, sebaiknya pangkas dan rapikan tanaman tersebut, jangan sampai bayangannya menutupi perangkat sistem Anda.

    

3.       Material Penyusun

Panel surya terdiri dari sel surya yang dirangkai dalam bentuk seri dan pararel. Setiap panel surya memiliki rangkaian sel yang berbeda-beda. Bahan pembuatan sel surya pun bermacam-macam, yaitu:

1)      Crystalline: Sebagai generasi pertama, sel surya ini menggunakan material crystalline silicon (C-Si) sebagai bahan dasar dan merupakan jenis panel yang paling banyak digunakan. Variasi crystalline yang sering dijumpai adalah panel surya jenis monocrystalline, polycrystalline dan ribbon silicon.

2)      Thin Film: Sel surya ini merupakan generasi kedua dan menggunakan material yang berbeda dengan crystalline. Thin film dapat membuat panel lebih ringan dan lebih baik dalam menangkap cahaya. Namun, efisiensi konversi energinya masih lebih kecil dibanding crystalline. Walaupun seiring dengan perkembangan teknologi, sel jenis ini telah mampu mencapai efisiensi hingga 28%. Beberapa jenis sel yang menggunakan material ini diantaranya adalah produk seperti polycrystalline silicon on glass dan berbagai jenis gallium.

3)      Multijunction cells: sel surya ini menggunakan thin film sebagai material utama, yang kemudian dibentuk dalam beberapa layer dan digabungkan menjadi satu. Sel jenis ini lebih banyak digunakan untuk aplikasi khusus, misalnya seperti satelit atau alat eksplorasi ruang angkasa.

 

4.       Intensitas Energi

Semakin besar intensitas penyinaran matahari, maka akan semakin tinggi pula kinerja panel surya dan begitu sebaliknya. Secara umum, untuk memaksimalkan penyerapan sinar matahari di Indonesia, terdapat beberapa tips:

1)      Jika lokasi rumah Anda berada di selatan garis khatulistiwa, maka arahkan panel surya 15° ke arah utara.

2)      Jika lokasi rumah Anda berada di utara garis khatulistiwa, maka arahkan panel surya 15° ke arah selatan.

 

5.       Hambatan Listrik Beban

Tegangan listrik yang dihasilkan oleh panel surya tidak akan selamanya stabil. Hal ini dikarenakan produksi tegangan bergantung pada tingkat penyinaran radiasi matahari. Ketika dalam waktu ideal (10.00-14.00 WIB), suhu udara, serta langit yang bersih (tanpa awan mendung), maka kinerja panel surya akan maksimal. Namun, pada saat pagi hari atau matahari tertutup awan, tegangan panel surya akan menurun.

Oleh karena itu, turun naiknya tegangan ini harus menjadi perhatian. Idealnya setiap peralatan yang digunakan seperti inverter, memiliki jarak batas kerja yang cukup tinggi. Misalnya, inverter dapat bekerja pada jarak batas (range) 150-800 VDC.

 

Yang harus dipahami adalah efisiensi pada panel surya merupakan salah satu komponen yang perlu diperhitungkan. Namun, bukan penentu utama. Anda mungkin ingin memulai dengan pemasangan berbiaya rendah, misalnya dengan harga solar cell 100 watt. Maka, panel dengan efisiensi tinggi tidak menjadi pilihan.

Namun, jika dengan harga solar cell 100 watt tersebut juga Anda ingin memaksimalkan kinerjanya. Cara-cara diatas dapat diaplikasikan sehingga dapat memaksimalkan produksi daya, dan dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan.

On 18-Des-2018

SANKELUX-Hidup di era modern seperti saat ini sangat memudahkan kita dalam melakukan berbagai aktivitas. Sadar atau tidak kemudahan tersebut telah membuat kita sangat bergantung terhadap berbagai hal, misalnya listrik. Saat listrik mati, kita akan kesulitan untuk mendapatkan berbagai akses teknologi dan kebutuhan hidup lainnya .

Padahal diluar sana masih banyak alternatif energi  misalnya listrik dari tenaga surya.  Namun masyarakat masih banyak yang tidak mengabaikan energi alternatif ini karena harga panel surya untuk rumah tangga dianggap relative sangat mahal. Karena untuk memasang tenaga listrik surya tidak cukup hanya memasang satu atau dua panel, belum ditambah dengan biaya baterai untu penyimpanan energi. Dibutuhkan banyak panel surya dan baterai untuk mendukung aktifitas rumah tangga seperti mencuci, lemari pendingin, dan listrik untuk air.

Lalu bagaimana jika di rumah atau di tempat kerja kita terjadi pemadaman listrik? Biasanya kita akan menggunakan genset atau generator set. Ya, genset memang bisa saja menjadi alternatif pilihan jika harga panel surya untuk rumah tangga masih dianggap memberatkan. Harga genset memang banyak yang terjangkau, tetapi harga akan tetap menunjukan kualitas.

Sebagai sumber energi listrik alternatif, kita pasti tidak menginginkan genset yang kita gunakan malah mengganggu dan memberatkan. Seperti asap, biaya maintenance, harga bbm melonjak, dan suara gerak mesin motor yang berisik dan mengganggu pendengaran.

Sebelum membeli genset sebaiknya Anda mencari informasi dan membandingkannya. Misalnya membandingkan genset biasa dengan genset tenaga surya. Genset tenaga surya bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang menginginkan sumber energi listrik cadangan dengan tenaga surya.

Sebagai informasi, genset tenaga surya Hypo UPS, genset ini memiliki berbagai keunggulan jika dibandingkan dengan genset yang biasa. Pertama, Anda tidak perlu membeli bahaan bakar karena sumebr energy nya adalah sinar matahari. Kedua, genset hypo ups ini sudah termasuk baterai di dalamnya dan bebas biaya maintenance. Ketiga, genset ini bebas polusi, bebas bising dan memiliki auto switch jika di rumah Anda tiba-tiba terjadi pemadaman listrik. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat melihatnya di https://www.sankelux.co.id/ jika harga panel surya untuk rumah tangga dianggap mahal.

On 18-Des-2018

SANKELUX- Penerangan jalan umum (PJU) memiliki peran yang sangat penting untuk jalan raya. Tidak hanya sebatas memberi pencahayaan pada malam hari, PJU juga berperan sebagai penunjang kemanan bagi para pengendara malam untuk membantu navigasi. Namun, di beberapa daerah masih memiliki masalah mengenai lampu PJU, yaitu lampu yang kerap mati. Adapun matinya lampu PJU tersebut biasanya bukan hanya satu atau dua, tetapi sampai puluhan titik.

Hal ini banyak terjadi khususnya di daerah pegunungan, yang disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari cuaca yang menyebabkan pohon tumbang dan menimpa kabel listrik, hingga lokasi yang jauh sehingga jarang dilakukan perawatan secara berkala oleh PLN. Masalah PJU ini kerap menimbulkan potensi kecelakan lalu lintas yang cukup tinggi setiap tahunnya.

Untuk mengurangi potensi kecelakaan di wilayah-wilayah seperti tadi, hendaknya mulai mengalihkan pemasangan PJU LED (Light Emiting Diode) tenaga surya. Meskipun harga lampu LED jalan raya bertenaga surya lebih mahal, namun dapat meminimalisir kecelakan karena tersebut diatas karena beberapa keunggulan dibawah ini.

Pertama, lampu, solar panel dan baterai ada dalam satu rumah lampu, PJU LED tenaga surya tidak memerlukan kabel-kabel yang dapat tertimpa pepohonan tumbang. PJU LED tenaga surya, berdiri solid secara mandiri.

Kedua, hidup lebih lama dari lampu biasa dan dapat mencapai 30.000 jam.

Ketiga, karena energI listrik bersumber dari matahari dan disimpan dalam baterai, penerangan jalan jenis ini tidak akan terpengaruh dan akan tetap menyala jika terjadi konslet listrik dan sebagainya. Keempat, tidak menghasilkan sinar UV sehingga tidak panas saat digunakan.

Kelima, PJU LED tenaga surya memimili 80% efisiensi dari cahaya lainnya karena LED mendukung tegangan listrik rendah. Keenam, dari segi ukuran PJU LED tenaga surya berbentuk compact dan relatif lebih kecil sehingga lebih minimalis namun dengan cahaya yang terang, hemat daya dan tahan lama.

Ketujuh, pemasangan yang sangat mudah karena tidak terhubung antar lampu yang satu dengan lampu yang lain. Kedelapan, Tidak memerlukan perawatan khusus, cocok untuk digunakan di wilayah yang jauh dari kota yang hanya dilakukan pengecekan dalam beberapa bulan.

Karena berbagai kelebihan inilah yang membuat PJU LED tenaga surya menjadi pilihan tepat untuk mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas di malam hari. Khususnya di daerah pegunungan dan daerah yang jauh dari penanganan listrik. PJU ini akan sangat menguntungkan dari segi nilai investasi jangka panjang yang membuat harga lampu LED jalan raya yang tinggi bukanlah menjadi soal. Selain itu, lampu penerangan jalan LED tidak mengandung merkuri sehingga sangat ramah lingkungan lho! Untuk melihat produk dan harga penerangan jalan LED, Anda dapat melihatnya di link ini https://www.sankelux.co.id/product?id=116.

On 17-Des-2018

SANKELUX- Pemakaian energi alternatif terbarukan seperti sinar matahari kian diminati. Namun, tidak banyak orang yang mengetahui bagaimana aplikasi solar panel untuk konsumsi ritel atau perumahan.

Banyak orang bertanya, setelah menggunakan panel tenaga surya, bagaimana dengan instalasi listrik PLN yang telah terpasang sebelumnya. Atau pertanyaan mengenai perbedaan sistem instalasi panel surya terhadap harga listrik tenaga surya 1000 watt. Menanggapi hal tersebut, kami menjawab bahwa hal itu tergantung pada kebutuhan.

Untuk hunian, pada dasarnya ada dua jenis instalasi panel surya yang bisa diterapkan, dimana masing-masing berkaitan dengan peralatan pendukung yang digunakan, yaitu Off Grid dan On Grid. Lalu sistem apa yang cocok untuk hunian dengan konsep perumahan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, pahami dahulu kedua sistem tersebut.

Off Grid atau disebut juga stand alone PV (photovoltaic) system atau sistem pembangkit listrik yang hanya mengandalkan energi matahari sebagai satu-satunya sumber energi utama dengan menggunakan rangkaian panel surya untuk menghasilkan energi listrik sesuai kebutuhan. Dengan menginstalasi sistem ini Anda tidak perlu lagi menggunakan listrik dari PLN ataupun backup lainnya seperti genset. Off Grid bersifat mandiri, adapun tipe solar sistem untuk hunian yang menggunakan baterai hanyalah sebagai media penyimpanan atau bank energi.

Pada sistem Off Grid, kapasistas baterai harus memperhitungkan cadangan jika kondisi cuaca buruk yang berakibat pada produksi energi sinar matahari kurang optimal. Untuk Indonesia, kementrian ESDM menyarankan masyarakat yang menggunakan sistem ini untuk menggunakan baterai dengan kapasitas cadangan minimal 3 hari sebagai patokan (autonomous days).

Sistem On Grid (disebut juga Grid Tie/ Grid Interactive), menggunakan solar panel untuk menghasilkan listrik yang ramah lingkungan dan bebas emisi. Sesuai namanya, rangkaian sistem ini tetap terhubung dengan jaringan PLN dengan mengoptimalkan pemanfaatan energi dari panel surya untuk menghasilkan energi semaksimal mungkin.

Dalam sistem On Grid, baterai merupakan hal yang tidak wajib, mengingat tenaga surya bukanlah sumber energi utama. Sesuai namanya, On Grid berarti bekerjasama dengan arus listrik dari PLN. Yakni arus PLN menjadi penghubung atau penyalur arus listrik dari panel surya kepada beban. Sehingga seluruh penggunaan listrik pada waktu siang hari dihasilkan dari energi listrik panel surya. Sedangkan untuk malam hari menggunakan PLN.

Dari penjelasan mengenai kedua sistem diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem Off Grid merupakan sistem PLTS yang diperuntukan untuk daerah-daerah terpencil/ pedesaan atau penerangan jalan. Hal tersebut dikarenakan produk sistem ini bersifat mandiri dan dapat bekerja dengan komponen yang lengkap meskipun tidak terjangkau jaringan PLN.

Sedangkan untuk hunian dengan konsep perumahan, On Grid dinilai lebih tepat atau sesuai untuk digunakan sebagai energi alternatif untuk hunian di perumahan. Karena konsep hunian perumahan biasanya berada di perkotaan yang memiliiki aliran listrik dari PLN. Selain itu, Anda juga dapat mengkonversikan harga listrik tenaga surya 1000 watt dengan harga listrik dari PLN. Dengan adanya sistem ini, akan mengurangi tagihan listrik dan memberikan nilai tambah pada pemiliknya.

Sudah tahu kan sistem apa yang paling sesuai untuk perumahan? Jika sudah, yuk mulai rencanakan instalasi listrik tenaga surya di rumah Anda. Selama bulan Desember ini ada promo akhir tahun lho untuk semua jenis solar panel. Harga mulai dari Rp. 377.500 untuk solar panel  30 WP 6 V. Untuk melihat lebih lengkap kunjungi https://www.sankelux.co.id/search?diskonend=100.

On 17-Des-2018

SANKELUX- Baterai adalah komponen penting dalam sistem elektrik. Baterai sendiri merupakan sebuah alat yang terdiri dari 2 atau lebih sel elektrokimia yang mengubah energi kimia yang di simpan di dalam baterai menjadi energi listrik. Inilah yang menjadikan baterai sangat penting dalam sistem solar panel. Baterai akan menyimpan energi dari matahari melalui solar panel sebagai cadangan untuk malam hari atau cuaca berawan.

Baterai yang dapat diisi ulang disebut sebagai baterai sekunder. Pada dasarnya, baterai jenis sekunder ini sangat banyak macamnya. Namun, tidak semuanya dapat diaplikasikan pada sistem panel surya. Yang dapat diaplikasikan adalah jenis Lead-Acid dan dan Li-Ion.

Dari kedua jenis tersebut, orang biasanya menginginkan baterai berkualitas bagus dengan harga yang relatif terjangkau. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan jenis baterai Li-Ion, yaitu Lithium tipe LiFePO4. Baterai ini dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan watt. Mulai dari 1000 watt hingga digunakan untuk harga panel surya 5000 watt pun baterai ini memiliki performa yang baik.

Lithium (LiFePO4)

LiFePO4 salah satu jenis baterai sekunder yang termasuk dalam kategori Li-Ion. Sesuai namanya jenis baterai ini menggunakan senyawa Lithium interkalasi sebagai bahan elektrodanya. Baterai dengan bahan ini memiliki daya tahan cukup tinggi dan memiliki tingkat penurunan daya cukup rendah saat tidak digunakan.

LiFePO4 Sankelux merupakan produk lokal karya anak bangsa yang dirakit dengan material berkualitas dan berteknologi tinggi. Setiap produk baterai Lithium ini telah melewati tahap pengujian dengan tingkat ketelitian yang tinggi. Kualitas produk Sankelux telah terjamin oleh badan sertifikasi nasional dan internasional.

Baterai fosfat besi Lithium dalam produk ini dikenal juga dengan sebutan baterai Li-fosfat. Baterai ini adalah salah satu tipe baterai yang sesuai untuk sistem panel surya. Baterai ini bersifat rendah resistansi yang dapat meningkatkan keamanan dan stabilitas termal. Berikut beberapa keunggulan baterai LiFePO4:

Safety

Baterai ini dikenal karena profil keamanannya yang kuat. Ketika dalam keadaan berbahaya, seperti hubungan arus pendek, pengisian daya yang berlebihan, baterai ini tidak akan terbakar atau meledak. Karena baterai ini menggunakan material dan hasil kimia yang stabil, yaitu kimia Lithium Phosphate dapat mengurangi resiko yang berbahaya secara signifikan.

Performance

Baterai LiFePO4 memiliki rentang waktu hidup yang jauh lebih panjang jika dibandingkan dengan jenis baterai Lead-Acid. Baterai ini dapat bekerja dengan performa sangat baik untuk jangka waktu 5-7 tahun. Dengan Menggunakan LiFePO4, dapat membantu Anda meminimalkan biaya penggantian dan mengurangi total biaya kepemilikan.

Climate Resistance

LiFePO4 dapat bertahan dalam berbagai kondisi lingkungan ekstrim. Di Cuaca dingin hingga suhu -20°C, baterai ini akan tetap menyimpan daya hingga 80%. Dan dalam udara panas, baterai ini dapat bertahan hingga suhu 60°C.

Light Weight

Dibandingkan dengan tipe Lead-Acid, baterai ini empat kali lebih ringan. Sebagai contoh, jika baterai Lead-Acid 150Ah berbobot sekitar 50kg, di sisi lain tipe LiFePO4 hanya berbobot 15kg. Untuk pengaplikasian sistem solar panel, keunggulan ini merupakan manfaat yang sangat besar karena tidak hanya menurunkan biaya instalasi tetapi juga mempercepat pelaksanaan proyek.

Fast Charging

Manfaat lain dari LiFePO4 adalah, meskipun memiliki ukuran yang relatif kecil, mampu diisi daya hingga penuh 100% dalam waktu yang singkat, namun tetap menyimpan energi listrik yang besar dan tahan lama.

LiFePO4 memang bukan jenis terbaru, namun baterai ini terus dikembangkan dan ditingkatkan kuaitasnya. Sehingga dewasa ini dapat diaplikasikan untuk sistem tenaga surya dengan harga panel surya 5000 watt sekalipun. Selain itu juga, dapat digunakan untuk kebutuhan instalasi listrik lainnya, seperti PJU, peralatan medis, hingga telekomunikasi.

Untuk harga, Anda tidak perlu khawatir karena Sankelux memiliki berbagai promo termasuk promo akhir tahun. Silahkan kunjungi https://www.sankelux.co.id/search?diskonend=100 untuk melihat berbagai jenis baterai dengan potongan harga hingga 31% termasuk Lithium LiFePO4.

On 11-Des-2018

SANKELUX- Penerangan jalan umum tenaga surya atau disingkat PJU TS, seperti yang diketahui merupakan jenis lampu pintar yang ramah lingkungan karena tidak menggunakan aliran listrik PLN dalam sistem pengoperasiannya. Melainkan menggunakan tenaga surya untuk memberikan penerangan di ruang terbuka pada malam hari.

Jika Anda memperhatikan, PJU TS ini ada yang disebut dengan PJU TS All In One dan PJU TS biasa atau konvensional. Sekilas, perbedaan penamaan ini tidak akan kentara jika tidak diperhatikan dengan seksama. Namun, jika Anda mencoba mencari tahu daftar harga lampu jalan tenaga surya keduanya, harganya akan sangat jauh berbeda.

Lalu apa yang membedakan keduanya? Dalam artikel ini kami akan membahas perbedaan kedua produk ini supaya Anda tidak salah saat membelinya.

1.       1. PJU TS All In One

Perbedaan secara umum produk PJU TS ini adalah seluruh komponen berada dalam satu wadah atau rumah yang konkret. Yaitu lampu, solar panel dan baterai berada dalam satu rumah lampu. Dengan kelengkapan inilah bentuk PJU TS All In One sangat kompak dan cocok digunakan untuk mempercantik lingkungan.

Lampu ini dilengkapi dengan baterai Lithium Lifepo4 yang dapat menyimpan energi secara otomatis. Baterai ini dapat menyimpan energi untuk bertahan selama 50 jam tanpa pasokan sinar matahari. Selain itu juga, lampu ini dapat bertahan dalam kurun waktu 12 tahun lamanya dengan kualitas yang stabil.

Sebagai tambahan, lampu ini memiliki sensor otomatis untuk menyala disaat gelap dan mati disaat matahari bersinar. Harga satu buah lampu ini berkisar antara Rp. 5-8 juta-an dengan garansi seluruh komponen 2 tahun. Dengan bentuknya yang sedemikian rupa, lampu ini memiliki keunggulan yang tidak dimiliki PJU TS jenis lain. Yaitu, dapat mengatasi pencurian karena komponen nya berada dalam satu rumah.

2.       2. PJU TS Konvensional

Berbalik  dari versi All In One, komponen yang terdapat dalam PJU TS konvensional terpisah secara keseluruhan. Salah satu contohnya adalah PJU TS konvensional tipe 20/30 watt single oktagonal 7 m. Tipe ini merupakaan yang paling murah, dengan kisaran harga sekitar Rp 14 juta-an. Dengan komponen yang terpisah, bentuk lampu ini tentu tidak ramping dan kompak seperti tipe All In One.

Lalu apa yang membuat tipe PJU TS ini lebih mahal? Jawabannya adalah tipe lampu ini merupakan paket lengkap sehingga komponen yang di dapat serta garansinya lebih banyak dan lebih lama. Komponen tersebut berupa solar panel, lampu LCD, controller, baterai VRLA, box baterai powder coating hingga tiang oktagonal galvanized. Dengan garansi untuk solar panel 25 tahun, lampu 5 tahun, baterai 1 tahun dan garansi controller 1 tahun.

Selain itu, PJU TS konvensional memiliki kelebihan lain yaitu lampu yang dirancang  menggunakan teknologi LED terkini, hemat daya, tingkat penerangan yang tinggi, kuat dan handal. Serta, lampu ini dapat digunakan hingga 60 jam dengan desain yang simple yang artistik. Dengan membeli lampu ini, Anda juga tidak perlu repot-repot untuk mencari atau membuat tiangnya. Lebih praktis ya!

 

Nah, meskipun sama-sama PJU TS keduanya memiliki kelengkapan dan keunggulan yang berbeda. Hal tersebutlah yang menjadi alasan adanya perbedaan dalam daftar harga lampu jalan tenaga surya. Jadi jangan sampai salah ya saat membelinya! Untuk informasi lengkap mengenai daftar harga lampu jalan tenaga surya, Anda dapat melihatnya di https://www.sankelux.co.id/search?keyword=lampu%20jalan.

On 11-Des-2018

SANKELUX- Tagihan listrik yang terus membengkak membuat kebanyakan orang khususnya ibu rumah tangga mencari siasat untuk membuatnya tetap sesuai kantong. Sudah menjad rahasia umum bahwa energi tenaga surya adalah solusi. Namun harga pemasangannya dianggap mahal, meski keuntungannya dapat dirasakan bertahun-tahun lamanya.

Padahal, dengan pengembangan energi terbarukan dari sinar matahari sudah semakin pesat telah berimbas terhadap turunnya harga. Dahulu, dibutuhkan banyak panel surya dan lahan yang luas untuk memproduksi listrik dari tenaga surya. Saat ini, setiap rumah bisa memperoleh listrik dari sinar matahari dengan hanya memasang panel surya berukuran kurang dari 10 meter persegi di atap rumah. Hal ini tentu berdampak terhadap harga penginstalasian yang menjadi lebih terjangkau.

Berikut ilustrasi kapasitas solar cell untuk atap  dengan perolehan energi dan luas area:

Kapasitas (Kwp)

Produksi Energi/ Tahun (kwh)

Luas (m²)

5

7.281

35

10

14.562

70

20

29.123

140

30

43.685

210

50

72.808

350

80

116.494

560

100

145.617

700

200

291.234

1.400

300

436.851

2.100

400

582.468

2.800

 

Dari tabel diatas, dapat dilihat bahwa untuk mendapatkan produksi energi yang besar sudah tidak memerlukan luas yang begitu besar. Oleh karena itu, kita akan mencoba menghitung hasil produksi energi listrik dari solar cell Sankelux SPV 1610-125 WP (poly) dengan dimensi ukuran 670 x 1335 (mm) seharga Rp 1.363.000. Berapa jumlah solar cell yang akan dibutuhkan dan harga solar cell 100 watt.

Untuk banyaknya panel surya yang di butuhkan, hal pertama yang perlu dihitung terlebih dahulu adalah berapa kebutuhan total beban listrik perbulan di rumah. Dari situ dapat di indentifikasi berapa Kwh yang dibutuhkan tiap hari. Karena kita akan menghitung harga solar cell 100 watt, maka  gunakan kebutuhan 100 watt sebagai contoh. Hitung berapa lama beban total 200 watt akan dihidupkan. Misalnya 12 jam, berarti total konsumsi dalam sehari 100 x 12= 1.200 WH. Dari total tersebut tambahkan 20% untuk kebutuhan listrik inverter maka total daya 1.200 + (1.200 x 20%)= 1.440 WH.

Kemudian hitung kembali dengan kebutuhan baterai, misalnya dibagi dengan tegangan umum yang dimiiki baterai yaitu 12 V. Maka kuat arus yang dibutuhkan adalah 120120 Ampere. Maka, jika Ada menggunakan baterai pack lithium sebesar 40 Ah/ 12.8 V, maka Anda membutuhkan 3  baterai (40 x 12 x 3 =  1.440 WH).

Setelah itu, hitung panel surya dengan efektifitas rata-rata waktu matahari bersinar maksimum, yaitu 5 jam. Maka 125 wp x 5= 625 watt. Artinya, panel surya 125 wp mampu memberikan 650 Watt dan jika di total untuk kebutuhan 1.440 WH, rumah Anda membutuhkan 3 panel surya. Untuk 3 panel surya berdaya 125 wp (1.440 : 650). Anda hanya perlu merogoh saku sebesar Rp 4.089.000, harga yang cukup terjangkau untuk menangkis stigma pengeluaran panel surya yang sangat besar. Meskipun ditambahkan dengan harga komponen lainnya, Anda akan mendapatkan balik modal dalam waktu 3 tahun.

Bagaimana, daripada Anda memusingkan harga listrik yang kian naik setiap tahunnya kenapa tidak mencoba untuk menghasilkan daya listrik sendiri dirumah? Anda dapat mengakses link ini untuk melihat variasi harga panel surya dengan berbagai macam  daya https://www.sankelux.co.id/search?keyword=solar%20cell. Jika Anda masih merasa kebingungan untuk menentukan perencanaan penghitungan biaya pemasangan dan komponen yang dibutuhkan, hubungi kami di nomor yang tertera dalam website. Kami dapat menolong Anda mewujudkan tujuan untuk berhemat.

On 7-Des-2018

SANKELUX- Setiap sumur bor memiliki kedalaman yang berbeda-beda, biasanya disebabkan oleh lokasi pembangunan sumur. Alasan kenapa lokasi menentukan kedalaman sumur bor ideal ialah karena kondisi tanah atau kontur yang berbeda.

Perbedaaan kedalaman sumur bor ini tentunya berpengaruh kepada pompa air yang digunakan. Termasuk untuk pompa air sumur bor tenaga surya, harus tepat dan sesuai dengan kondisi kedalaman sumber air.

Ada beberapa jenis pompa air sumur bor tenaga surya tergantung bagaimana mereka diklasifikasikan. Tetapi, utamanya ada 2 jenis pompa air sumur bor tenaga surya jika dilihat dari tingkat kedalamannya.

1.       1. Submersible Pumps

Seperti namanya, ‘submersible’ yang berarti menyelam. Pompa ini pun sifatnya seperti menyelam, yaitu dengan di tempatkan jauh di bawah permukaan tanah dan terendam air. Kepala hisap dari jenis pompa  ini berada lebih dari 10 meter. Alat ini dapat memompa hingga 500-1000 galon per hari dan dapat mengangkat hingga kedalaman 20 kaki. Instalasi pompa ini dilakukan dengan menggali sumur bor, yang mengarah ke peningkatan biaya instalasi dan pemeliharaan. Pompa ini membutuhkan perawatan setiap 2 hingga 4 tahun.

2.       2. Surface Pumps

Permukaan pompa jenis ini mudah untuk dikenali, cirinya adalah pompa ini keluar dari air alias tidak terendam. Pompa jenis surface dipasang di permukaan air dengan kedalaman kurang dari 10 meter. Karena pompa harus berada di permukaan, pompa ini menjadi lebih mudah untuk diinstalasi dan dilakukan perawatan. Faktor inilah yang yang membuat pompa jenis surface menjadi lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis submersible

 Pemilihan jenis pompa air sumur bor tenaga surya ini didasarkan pada tingkat air tanah dan sumber air. Dalam kasus sumur dengan kedalaman lebih dari 10-15 meter, digunakan pompa submersible. Sedangkan untuk jenis surface pumps cocok digunakan untuk sumber air di ruang terbuka, seperti sungai, kolam, dan lain-lain dengan kedalaman air kurang dai 10 meter.

Dengan demikian, dapat disimpulkan jika jenis submersible tepat untuk digunakan di dataran tinggi dengan kedalaman sumber air puluhan meter. Sedangkan untuk wilayah dataran rendah, bisa menggunakan jenis surface. Nah, jenis pompa air sumur bor tenaga surya mana yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda?

On 7-Des-2018

SANKELUX- Pernahkah Anda berfikir tentang menginstalasi pompa air sumur bor tenaga surya? Apakah Anda memiliki lokasi terpencil yang perlu memompa air dari ratusan kaki dibawah tanah? Atau ingin memotong tagihan listrik? Jika demikian, pompa air tenaga surya sederhana adalah solusi sempurna.

Dibawah ini, kami telah manyusun 8 alasan utama untuk memasang pompa air tenaga surya sederhana untuk Anda. Telusuri daftar ini dan lihat apakah Anda akan tertarik atau tidak dengan sistem ini.

1.     1.  Tidak Membutuhkan Daya Eksternal

Masalah air bersih sering dijumpai di pedesaan atau wilayah terpencil karena keterbatasan sarana listrik untuk membangun sumur. Nah, terobosan dari pompa air ini adalah tidak memerlukan daya eksternal apapun. Kebutuhan akan energi telah tersedia oleh alam.

2.     2. Efisien dan Powerfull

Pompa air tenaga surya terbuat dari baja stainless dan fitur motor brushless DC. Bahan ini bersifat tahan karat korosi ketika tersuspensi dalam air selama bertahun-tahun. Baja ini juga tidak akan mencemari sumber air. Motor DC Brushless bahkan lebih efisien daripada fitur brushed karena tidak perlu dilakukan penggantian motor secara berkala, alias dapat digunakan selama mungkin.

3.     3.  Tidak Memerlukan Biaya Operasi Selama Penggunaan

Matahari bersinar setiap hari, khususnya untuk di wilayah tropis seperti Indonesia. Artinya, Anda mendapatkan sumber daya energi gratis setiap hari untuk menggerakan pompa di bawah tanah. Tidak memerlukan biaya operasi bukan?

4.     4. Sistem yang Lengkap Dapat Dikirim Langsung Ke Pintu Rumah Anda

Karena komponen sistem pompa air tenaga surya sederhana, ramping dan tidak banyak, seperangkat sitem ini dapat dipesan secara online dan dikirimkan langsung ke rumah Anda. Hal ini memungkinkan untuk pengiriman ke semua lokasi baik ke lokasi terpencil.

5.     5.  Sistem Bersifat Modular dan Dapat Ditingkatkan Kapanpun

Karena sifatnya yang modular, pompa air tenaga surya dapat ditingkatkan sewaktu-waktu sesuai kebutuhan. Misalnya jika Anda membutuhkan jumlah pompaan air yang lebih banyak perharinya, Anda tinggal menambahkan panels dan baterai.

6.     6.  Pompa Air Tenaga Surya Mudah Dirawat

Sistem pompa air tenaga surya sederhana memiliki sedikit komponen mekanis, sehingga tidak memerlukan perawatan khusus yang berkala. Perawatannya pun dapat dilakukan sendiri, dan tidak memerlukan ahli.

 7.       Perawatan Murah

Dalam satu atau dua tahun sekali, panel surya harus dibersihkan dengan menggunakan sabun, scrub dan air untuk tetap menjaga kinerja yang maksimal. Untuk perawatan komponen tersebut bahkan Anda tidak perlu mengeluarkan biaya.

8.     8.  Sistem dapat Dipasang Sendiri

Sistem pompa air tenaga surya sangat sederhana dan dapat dipasang dalam beberapa hari. Semua koneksi panel surya dibuat dengan konektor tahan air, sehingga Anda tidak perlu menyolder. Pompa surya, panel surya beserta sensor semuanya terhubung ke pengontrol dengan menggunakan sekrup. Pompa juga dengan mudah terhubung ke kabel listrik dan pipa yang ada. Sehingga Anda tidak akan dibuat kerepotan untuk memasangnya sendirian dengan waktu yang relatif cepat.

 Itu dia 8 alasan utama mengapa harus memasang sistem pompa air tenaga surya. Masih banyak alasan lainnya, jadi jangan ditunda-tunda. Rencanakan pemasangan sistem kami mulai hari ini!

On 27-Nov-2018

SANKELUX- Penerangan sudah menjadi kebutuhan dasar manusia yang tidak dapat dielakkan. Penerangan membantu berbagai aktifitas baik dirumah untuk keperluan rumah tangga, di kantor untuk urusan pekerjaan, hingga di jalan raya dan tempat publik lainnya. Penerangan bersumber dari energi listrik, sehingga penerangan tidak dapat dipisahkan dari sumber energi.

Penerangan yang bersumber dari energi listrik yang dihasilkan oleh tenaga matahari hampir menjadi pemandangan yang jamak saat ini. Namun kebanyakan dari inovasi energy terbaru tersebut hanya fokus pada kebutuhan cadangan energy dengan komponen yang relative cukup masif. Bukan untuk daerah terpencil atau bahkan untuk kebutuhan darurat dengan komponen yang minimalis.

Sebuah inovasi penerangan akhirnya muncul dari sumber energy tenaga surya, yaitu LITSUMI (Listrik Tenaga Surya Mini). LITSUMI memiliki komponen yang ramping, terdiri dari solar paner, DC Hub, Lampu, Kabel dan remot. Komponen-komponen tersebut berukuran mini sehingga dapat digunakan secara portable. Karena seluruh komponennya yang mini, harga seperangkat penerangan tenaga surya ini pun jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan harga solar cell 100 watt sekalipun.

Seperti lampu tenaga surya pada umumnya, solar panel digunakan sebagai wadah untuk menangkap energy matahari yang kemudian akan diubah menjadi energy listrik dan disimpan sebagai daya cadangan. Daya listrik yang dari panel solar cell yang ringan dan mudah dipasang dapat menyalakan 3-5 lampu LITSUMI. Selain itu terdapat baterai lithium unuk menyimpan energy untuk penyalaan 16-20 jam.

Dengan berbagai keistimewaan tersebut, LITSUMI sangat cocok digunakan untuk kebutuhan outdoor. Khususnya untuk kegiatan seperti berkemah, memancing untuk nelayan hingga untuk badan penanggulan bencana. Lampu penerangan ini sangat cocok untuk tenda pengungsian dan kebutuhan pemulihan daerah darurat bencana lainnya. Ditambah, LITSUMI memiliki tiga tingkat kecerahan lampu, mulai yang berwarna kuning hingga putih terang yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang ada.

Seluruh komponen LITSUMI telah memiliki sertifikat dari LIPI dan BPPT, sehingga Anda tidak perlu meragukan kualitas penerangan ini. Sebagai bonus, karena ringan dan portable, LITSUMI juga dapat dijadikan senter memiliki remote yang digunakan untuk menyalakan dan mematikan lampu.

 Berikut spesifikasi produk LITSUMI:

Produk

Spesifikasi Lampu Litsumi

Spesifikasi Solar Panel 15 WP & 20 WP

Solar Panel

Lighthing Power Supply

DC

Typical Power (W)

15

20

Maximum Power

700 mw

Voltage @Typical Power (Ipm)

18

18.5

Battery Capacity

4400 mAh/Lithium

DC Charging Voltage

5-20 VDC

Current @Typical Power (Ipm)

0.8

1.3

DC Charging Current

Approx 500 Ma

DC Lighting time

± 20 hourse (full charge)

Open Circuit Voltage (Voc)

22.3

22.2

Adapt Temperature°

+50°/-30°

LITSUMI

LED Life

3500 hours

Short Circuit Current (Isc)

0.8

1.4

LED Quantity

21 pcs

Weidth (mm)

340

350

Material

ABS+PS

Height (mm)

343

525

Color Temperature

6000-6500K

Thick (mm)

25

25

Brighteness

330.5 LM

Weight (gr)

1410

2580

DC Out/USB Charging

5 V

Cable

2x22 AWG,UL2468

 












Meskipun LITSUMI sangat dirokemendasikan untuk kebutuhan penerangan outdoor, namun tidak menolak kemungkinan bahwa perangkat ini dapat digunakan untuk keperluan rumah tangga. Dengan menggunakan perangkat ini, Anda dapat menekan budget jika dibandingkan dengan harga solar cell 100 watt

On 23-Nov-2018

SANKELUX- Solar panel atau tenaga surya, dikenal sebagai energi terbarukan dan telah bertransformasi menjadi energi alternatif paling mudah di aplikasikan bagi masyarakat awam. Namun, belum banyak masyarakat yang tahu, jika panel surya memiliki beberapa jenis dengan karakteristik yang berbeda-beda.

Kebanyakan panel surya yang dijual di Indonesia adalah salah satu jenis tertentu yang dianggap paling cocok untuk  geografis wilayah Indonesia itu sendiri. Hal ini lah yang menjadi salah satu alasan kenapa harga panel surya untuk rumah tangga cukup bervariasi, karena disesuaikan dengan jenisnya. Sebelum membahas jenis panel surya tersebut dan alasan kecocokan dengan geografis negeri kita, sebaiknya Anda membaca terlebih dahulu beberapa jenis panel surya pada tabel di bawah ini:

Jenis

Efisiensi Perubahan Daya

Daya Tahan

Biaya

Keterangan

Penggunaan

Mono

Sangat Baik

Sangat Baik

Baik

Kegunaan Pemakaian Luas

Sehari-hari

Poli

Baik

Sangat Baik

Sangat Baik

Cocok untuk produksi masal di masa depan

Sehari-hari

Amorphous

Cukup Baik

Sangat Baik

Baik

Bekerja baik dalam pencahayaan fluorescent

Sehari-hari dan perangkat komersial

Compound

Sangat Baik

Sangat Baik

Cukup Baik

Berat dan rapuh

Pemakaian di luar angkasa

 

Dari keempat jenis diatas, yang paling populer dan sering digunakan oleh masyarkat awam adalah jenis pertama dan kedua. Jenis Mono dan Poli yang merupakan kependekan dari Monokristalin dan Polikristalin.

Monokristalin merupakan panel surya yang di anggap paling efisien, ia dapat menghasilkan daya listrik dengan persatuan luas yang paling tinggi serta memiliki efisiensi sampai dengan 15%. Kelemahan panel jenis ini adalah tidak dapat berfungsi baik di tempat yang cahaya mataharinya kurang. Efisiensi panel surya jenis ini akan menurun secara drastis dalam cuaca berawan.

Sedangkan panel surya jenis polikristalin memiliki susunan kristal yang acak. Tipe ini memerlukan luas permukan yang lebih besar dibandingkan dengan monokristalin jika untuk menghasilkan daya listrik yang sama. Akan tetapi, jenis panel surya ini tetap dapat menghasilkan listrik dalam berbagai kondisi cuaca bahkan pada saat mendung sekalipun.

Jika berbicara panel surya, tentu yang akan sangat berpengaruh adalah iklim. Iklim inilah yang kemudian menjadi penentu cocok atau tidaknya panel surya di suatu wilayah. Untuk Indonesia sendiri, meskipun berada di titik equador dan mendapatkan sinar matahari yang panjang setiap tahunnya, Indonesia tetaplah negara tropis. Dimana ciri khas iklim tropis adalah selain mendapatkan paparan sinar matahari yang tinggi, juga mendapatkan curah hujan yang tinggi pula. Bahkan beberapa titik timur Indonesia merupakan salah satu tempat terbasah di dunia.

Oleh karena itu, pemilihan jenis panel surya yang paling cocok adalah jenis Polikristalin. Meskipun efisiensi jenis Polikristalin ini lebih rendah dari Monokristalin pada saat kondisi matahari terik, tetapi jenis efisiensi Polikristalin akan tetap stabil pada cuaca berawan/ mendung. Selain itu, harga panel surya untuk rumah tangga jenis ini juga relatif dapat dijangkau oleh masyarakat luas.

On 23-Nov-2018

SANKELUX- Teknologi yang berkembang sangat cepat, setiap tahunnya. Dengan segala terobosan baru, banyak sekali berbagai kosa kata baru di bidang teknologi yang terkadang dapat membingungkan. Itulah sebabnya, penulis berkeinginan untuk menjelaskan mengenai salah satu komponen terpenting dari komponen energi tenaga surya yang disebut sebagai inverter.

Apa Itu Solar Inverter?

Jika solar panel merupakan jantung dalam sebuah  sistem, maka inverter adalah otak dari keseluruhan sistem tersebut. Pekerjaan utama sebuah inverter adalah mengubah daya arus langsung yang dihasilkan oleh array solar panel menjadi daya arus bolak-balik yang diubah menjadi tenaga listrik yang kemudian dapat digunakan. Selain itu, peran inverter dewasa  ini telah semakin maju, inverter memungkinkan kita untuk melihat bagaimana kinerja sistem energi tenaga surya. Inverter ini digunakan untuk solar panel berbagai macam daya, mulai dari 100 watt hingga harga panel surya 5000 watt.

Memilih Inverter Yang Tepat

Tidak semua inverter dibuat untuk kegunaan yang sama. Beberapa diantaranya, ada yang jauh lebih efisien daripada jenis inverter yang lain. Hal ini dapat mempengaruhi seluruh output sistem tenaga surya Anda dan berpotensi lebih hemat. Ada tiga jenis inverter panel surya yang cocok untuk rumah tangga:

1.       1. Inverter Tradisional, atau disebut off grid inverter

Bekerja dengan menggunakan sumber listrik backup battery yang dihasilkan dari sistem solar panel dan menggantikan saat jaringan listrik dari penyedia utama padam. Inventer ini bekerja layaknya UPS hanya saja ada tambahan solar charge dari tenaga matahari.

2.      2. On Grid Inverter

Inverter ini bekerja secara langsung dari sistem solar panel tanpa melalui sumber backup, dan juga dapat digunakan secara bersamaan dengan penyedia jaringan listrik utama, sehingga dapat mengurangi beban tagihan listrik. Sistem inverter ini dapat bekerja secara sinkron dan otomatis berbagi beban dengan PLN sebagai backup.

3.       3. Backup Solar Inverter

Inverter ini memiliki kemampuan untuk melakukan charge dan discharge baterai dalam sebuah komponen yang sama. Secara fungsi, inverter ini tidak berbeda dengan kedua inverter sebelumnya namun untuk pemasangannya sama dengan jenis inverter kedua. Yaitu dipasang dibalik solar panel. Jenis inverter ini sering disebut dengan smart inverter atau hybrid inverter. Inverter ini cocok digunakan untuk berbagai  kondisi wilayah, mulai dari pedesaaan hingga perkotaan.

Ketiga jenis inverter ini dapat di pasangkan dengan solar panel berbagai macam daya. Bahkan untuk harga panel surya 5000 watt, ketiga inverter diatas akan sangat bagus. Tergantung pada keefisienan yang diharapkan. 

On 13-Nov-2018

SANKELUX - Pembangkit listrik tenaga surya dewasa ini memang telah menjadi primadona oleh sebagian masyarakat Indonesia. Di tengah arus informasi yang terbuka, masyarakat sudah banyak yang menyadari akan pentingnya penggunaan sumber energi alternatif. Sebagai upaya untuk menjaga ketersediaan energi yang terbarukan serta untuk menekan pengeluaran beban listrik.

Nah, jika Anda termasuk salah seorang yang tertarik untuk memasang pembangkit listrik tenaga surya, alangkah lebih baik jika Anda memahami perangkat dan komponen harganya.  Pemasangan pembangkit listrik ini diperlukan perencanaan yang baik seperti daya yang dibutuhkan, besar arus, dan unit baterai, oleh karena itu Anda harus bisa menentukan rencana pemakaian Anda dan menghitungnya sendiri. Misalnya menghitung harga listrik tenaga surya 5000 watt .

Komponen Pembangkit Listrik Tenaga Surya

1.      Panel Surya/ Solar Cell

Panel surya ini berfungsi untuk mengkonversi tenaga matahari menjadi listrik. Kebutuhan panel surya untuk tiap pemasangan akan berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan daya (watt) yang diinginkan.

2.      Charge Control

Fungsi dari komponen ini adalah untuk menjaga agar baterai tidak kelebihan tegangan (under charger) dengan begitu maka akan memperawet umur baterai.

3.      Battery

Seperti baterai pada umumnya, baterai dalam pemasangan pembangkit listrik juga berfungsi sebagai penyimpan daya. Untuk baterai yang digunakan sebaiknya menggunakan baterai gel atau baterai kering. Meskipun berharga lebih mahal, baterai ini paling sering direkomendasikan dan disebut-sebut sebagai baterai terbaik untuk listrik tenaga surya.

4.      Inverter/Converter

Komponen yang terakhir berfungsi untuk mengkonversikan tegangan searah menjadi tegangan bolak balik (AC). Oleh karena itu komponen ini bersifat optional. Tidak diperlukan untuk beban yang hanya membutuhkan tegangan searah (DC).,

Setelah Anda mengenal dan memahami apa saja fungsi dari komponen-komponen yang akan dipasang. Maka Anda dapat merencanakan jumlah daya yang dibutuhkan untuk pemakaian sehari-hari. Penentuan daya akan berpengaruh terhadap jumlah panel surya dan baterai yang diperlukan sesuai kapasitas yang diinginkan dan pertimbangan untuk penggunaan di malam hari.

Bagaimana, setelah Anda mengetahui komponen-komponen di atas, apakah Anda dapat menghitung berapa jumlah tiap komponen yang dibutuhkan dan harga panel surya 5000 watt? 

On 5-Nov-2018

SANKELUX – Apapun barang yang Anda beli, sebaiknya periksa kualitas barang tersebut sebelum melakukan transaksi. Begitupun saat Anda berencana membeli solar cell. Solar cell untuk rumah tangga yang tidak murah ini perlu ketelitian mulai dari memilih merk yang bagus sampai dengan mengecek kondisi barang. Solar cell memang dijual bebas di pasaran, khususnya di LTC Glodok, Jakarta. Di sini menjual beragam jenis solar cell  dengan harga yang bervariasi.

Satu jenis barang merek tertentu akan terbagi di dalam satu level perusahaan dengan kualitas terbaik. Biasanya perusahaan yang ada pada level ini memiliki beberapa keunggulan baik dari segi produk maupun servis. Misalnya, PT. Sankeindo sebagai pabrik lokal solar cell yang dapat mensuplai serta memproduksi kebutuhan barang energi tenaga surya.  Salah satu keunggulannya memiliki peralatan pengujian bahwa solar cell yang kamu gunakan adalah produk baru dengan kualitas terbaik. Berikut ini tips membedakan solar cell kamu berkualitas atau tidak.

Ciri-ciri solar cell rusak. Sebagaimana kamu tahu bahwa harga solar cell untuk rumah tangga atau bangunan gedung itu mahal. Maka saat membeli perhatikan solar cell telah tersusun dan dilaminating di dalam panel surya. Pastikan sel surya yang ada, tidak rusak, terpotong, atau pecah. Sebab jika rusak, panel surya tidak dapat berkerja dengan optimal, bahkan membahayakan nyawa Anda. Jika baru beli namun dalam kondisi tesebut, produk tersebut memiliki standar kualitas produksi pabrikan yang rendah. Merek yang bagus biasanya sudah melakukan kontrol kualitas (quality control) dan memiliki surat lolos uji kualitas. Dengan begitu, harga yang dijual memang cukup mahal.

Terdapat goresan kaca. Jangan merasa ketika melihat goresan kaca pada lapisan kaca panel surya adalah masalah biasa. Goresan kecil ataupun besar ini akibat penanganan panel surya yang tidak tepat di pabrik. Bahkan goresan ini dapat berdampak buruk, seperti:

  • Berpotensi menurunnya tingkat produksi daya pada panel surya.
  • Goresan kecil atau dangkal dapat menyebabkan bayangan dan mengganggu perubahan energi
  • Goresan besar dan dalam bisa sangat mengganggu lapisan antirefleksi sensitif, sehingga transmitansi cahaya.
  • Lapisan yang rusak dapat menyebabkan udara, debu, dan air bisa masuk ke bagian bawah kaca dan sel surya, yang akan berdampak pada lapisan sel surya terangkat dan dalam jangka Panjang dapat menyebabkan efek delaminating.

Penyelarasan sel surya tidak tepat. Dalam menyediakan produk solar cell karena harus hati-hati. Apabila terjadi ketidakselarasan string sel surya, penyebabnya bisa jadi akibat pemotongan sel surya yang tidak tepat. Tentu kondisi ini akan menjadi masalah secara estetika. Maka jangan menerima barang seperti ini karena sudah pasti barang yang disediakan produsen merek tersebut menunjukan kontrol kualitas mereka lemah.

On 5-Nov-2018

SANKELUX – Penggunaan solar cell untuk rumah tangga dapat dikatakan seimbang atau bahkan lebih sedikit dari penggunaan solar cell untuk bangunan gedung. Banyak bangunan gedung terutama perusahaan atau pabrik yang menyadari bahwa hal ini dapat membantu konservasi lingkungan. Maka dari itu, mereka memanfaatkan sumber daya matahari ini menjadi energi yang melimpah untuk pengadaan listrik pada gedung tersebut. Adapun pembahasan kali ini kami akan membahas lebih banyak mengenai manfaat solar cell untuk bangunan gedung, sebagai berikut:

Solar cell dapat menyediakan energi listrik bagi siapapun dan dimanapun. Saat ini kesadaran masyarakat akan pemanfaatan pembangkit listrik tenaga surya dapat dilakukan oleh siapapun dan dimanapun. Salah satunya kontribusi dari sektor industri dalam penggunaan energi yang ramah lingkungan ini dengan menggunakan solar cell.

Solar cell dapat membantu operasional bangunan gedung. Solar cell untuk rumah tangga dapat menyalakan hampir seluruh peralatan rumah tangga, begitupun untuk sektor indusri. Solar cell mampu membantu pengadaan listrik untuk operasional fasilitas bangunan gedung, mulai dari menyalakan seluruh peralatan kantor sampai mesin produksi suatu pabrik.

Solar cell dapat menjadi bantuan pertama setelah bencana. Jika menggunakan listrik konvensional atau PLN , sering kali terjadi listrik mati pada waktu yang tidak dapat ditentukan, maka berbeda dengan solar cell ini. Rangkaian alat solar cell dapat menjadi bantuan pertama setelah bencana, salah satunya saat listrik PLN sedang padam. Hal ini tentu sangat berfungsi bagi mesin atau alat perusahaan yang harus menyala dalam kurun waktu 24 jam.

Solar cell dapat menciptakan ramah lingkungan. Sebuah pabrik atau sektor industri sudah pasti akan membutuhkan tenaga listrik yang tidak sedikit saat operasional sedang berlangsung. Dengan terpasangnya listrik tenaga surya ini dapat menekan pemanasan global yang bisa sangat mengancam kehidupan manusia di muka bumi. Bahkan solar cell untuk rumah tangga maupun bangunan gedung dapat berkontribusi dalam mereduksi emisi karbon.                                    

Tagihan listrik dapat berkurang. Semua perusahaan solar cell menjanjikan kepada setiap penggunanya bahwa dengan menggunakan listrik tenaga surya dapat membantu mengurangi tagihan listrik sejak hari pertama solar cell dipasang. Tentu hal ini akan sangat menguntungkan bagi sebuah perusahaan. Untuk lebih jelasnya mengenai biaya solar cell untuk rumah tangga atau bangunan gedung, Anda dapat mengunjungi website berikut https://www.sankelux.co.id

On 29-Okt-2018

SANKELUX – Panel surya menjadi alternatif dalam menghasilkan energi bersih yang banyak digunakan untuk bangunan gedung dan perumahan sekarang ini. Mulai dari masalah penghematan listrik sampai kekurangan listrik, panel surya menjadi solusi untuk kebutuhan masyarakat bahkan untuk negara berkembang. Sayangnya dari penggunaan tersebut, masih banyak mitos dan fakta seputar energi surya yang perlu dipahami bersama. Salah satunya mengenai harga panel surya untuk rumah tangga. Banyak masyarakat awam yang menganggap bahwa panel surya hanya dibutuhkan untuk daerah kekurangan listrik. Karena itu, kali ini mari cari tahu apa saja yang perlu diketahui sebelum memasang panel surya.

Mitos atau Fakta: Panel Surya Hanya Bekerja di Siang Hari. Fakta bahwa panel surya hanya bekerja pada siang hari saja karena sumber energi yang digunakan dari matahari yang dapat dikonversi menjadi listrik dan tentunya tidak dapat berkerja pada malam hari. Alasan lainnya juga panel surya memiliki standar minimal, baik tegangan dan arus, dimana sistem panel surya dapat bekerja secara baik saat siang hari. Namun, tidak menutup kemungkinan panel surya dapat digunakan dan bekerja dengan baik saat malam hari dengan bantuan teknologi penyimpanan daya atau baterai.

Mitos atau Fakta, Listrik dari Energi Surya Hanya Dihasilkan Saat Matahari Cerah. Banyak orang yang berpikiran, listrik dari energi surya dapat dihasilkan saat matahari cerah. Tentu jawabannya adalah mitos. Panel surya masih dapat menghasilkan listrik meskipun dengan cuaca mendung karena pada kenyataannya panel surya tetap dapat mengkonversi energi surya selama standar nilai minimal yang dibutuhkan tercapai. Maka dari itu, penentuan mahal atau murahnya harga panel surya untuk rumah tangga atau untuk bangunan gedung yang Anda gunakan dapat dipastikan saat peralatan dapat berkerja dengan maksimal. Artinya, Anda harus cari tahu lebih dalam mengenai panel surya sebelum memasangnya.

Mitos atau Fakta, Harga Panel Surya untuk Rumah Tangga atau Gedung itu Mahal. Bicara harga panel surya untuk rumah tangga atau gedung itu mahal atau tidak, jawabannya relatif. Sebab perkembangan teknologi tenaga surya telah berkembang dengan cepat. Jika dibandingkan selama 3 tahun terakhir ini harga panel surya untuk rumah tangga atau gedung mengalami penurunan hingga 60%. Sehingga biaya pemasangan sistem panel surya sudah jauh lebih murah dibandingkan beberapa tahun lalu. Apalagi saat ini banyak perusahaan tenaga surya asal Indonesia yang memproduksi  sendiri. Contohnya, Sankelux yang memulai lini bisnis pada komponen listrik, lampu LED dan berkembang pada panel surya.

Mitos atau Fakta: Panel Surya Bekerja Maksimal Di Indonesia. Indonesia terkenal dengan Kawasan tropisnya. Hal ini tentu menjadi peluang besar untuk Anda menggunakan panel surya karena faktanya energi surya dapat bekerja maksimal di daerah dengan tingkat penyebaran radiasi matahari tinggi. Indonesia memiliki tingkat radiasi matahari kurang lebih 3,5 - 6,0 kWh/m2 dari potensi radiasi matahari terbesar adalah 9,0 kWh/m2. Selain itu, panel surya juga dapat bekerja dengan maksimal pada temperature 25oC.

Mitos atau Fakta: Panel Surya Bebas Perawatan. Jika Anda pernah mendengar panel surya itu mahal, pernyataan ini fakta bahwa pemasangan panel surya mahal namun hanya di awal saja. Selanjutnya Anda akan merasakan manfaat, salah satunya penghematan biaya. Dimana teknologi surya tidak membutuhkan perawatan rutin karena tidak memiliki komponen bergerak, sehingga alat yang digunakan tidak menjadi haus. Perawatan yang dibutuhkan berupa memastikan tidak ada faktor eksternal yang mempengaruhi kinerja sistem.

On 29-Okt-2018

Air yang biasa kita gunakan sehari-hari merupakan elemen yang sangat penting dan menjadi kebutuhan mutlak  untuk menunjang segala kehidupan di muka bumi. Untuk kehidupan sehari-hari saja, dirumah kita menggunakan air untuk memasak, mencuci, dan membersihkan rumah. Tapi penggunaan air yang besar tentunya akan berdampak kepada pemakaian listrik rumah tangga. Untuk menyiasati hal tersebut, sekarang ini sudah ada yang namanya pompa air sumur bor tenaga surya.

Apa itu Pompa Air Sumur Bor Tenaga Surya?

Pada dasarnya, pompa air sumur bor tenaga surya itu sama dengan pompa air untuk sumur bor pada umumnya. Yaitu menyerap dan mendorong air dari sistem pendingin sehingga dapat bersikulasi pada mesin. Yang berbeda dari kedua jenis pompa air tersebut adalah sumber energinya. Jika pompa air biasa menggunakan listrik sebagai energi utama, maka pompa air sumur bor tenaga surya sesuai dengan namanya memanfaatkan energi matahari.

Mengapa Harus Memakai Pompa Air Sumur Bor Tenaga Surya?

1.      Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa sistem pompa air tenaga surya hanya memerlukan energi dari sinar matahari untuk operasionalnya, maka Anda tidak perlu mengeluarkan sepeserpun rupiah untuk tagihan listrik;

2.      Pompa air ini dapat menyimpan energi dari sinar matahari. Sehingga Anda tidak perlu khawatir jika listrik sedang padam pompa air ini akan tetap beroperasi bahkan dalam cuaca mendung atau malam hari sekalipun;

3.      Perawatan berkala dapat dilakukan oleh kita sendiri tanpa memanggil ahli. Hal ini karena penggunaan pompa air tenaga surya sangatlah praktis dan mudah. Anda tinggal membersihkan permukaan modul surya dan pipa saja.

4.      Dengan memakai pompa air tenaga surya untuk sumur bor Anda, artinya Anda telah berkontribusi terhadap penjagaan energi berkelanjutan dan pemanasan global;

5.      Pemasangan yang mudah, pompa ini tidak memerlukan banyak kabel atau jaringan jika dibandingkan dengan pemasangan tenaga listrik biasa.

Wah, ternyata selain untuk menekan biaya pengeluaran listrik rumah tangga, penggunaan pompa air sumur bor tenaga surya memiliki manfaat lain. Tidak heran jika sekarang pompa air tenaga surya menjadi pilihan alternatif yang paling tepat untuk menunjang kebutuhan air rumah tangga.

On 22-Okt-2018

SANKELUX – Penerangan Jalanan Umum (PJU) sebagai penerangan di suatu kawasan sering kali ada di perumahan, jalanan umum, taman, tambang, perkebunan, tempat wisata, dan lain-lain. Pada umumnya PJU yang digunakan menggunakan tenaga listrik. Namun, tidak sedikit juga kini yang menggunakan PJU tenaga surya dengan daya mulai dari 20 Watt sampai 135 Watt. Penggunaan paling banyak, yaitu PJU tenaga surya 60 watt.

Lampu PJU yang paling populer dan banyak direkomendasikan di jalanan umum saat ini adalah lampu LED (Light Emitting Diode). Selain memiliki tampilan lebih modern dan futuristic, lampu jenis ini juga ramah lingkungan dan hemat baik dari segi ekonomis dan teknisi. Apalagi jika Anda memilih lampu LED untuk PJU tenaga surya 60 watt. Kenapa?

Kualitas lampu LED memang tidak diragukan lagi, ditambah jika menggunakan PJU tenaga surya dari Sankelux keluaran terbaru. Sankelux memberikan fitur “All in One”. Pertama, lampunya menggunakan lampu PJU LED dengan sumber daya tenaga surya. Kedua, desain yang praktis berupa lamp, solar panel, dan baterai dalam satu rumah lampu. Ketiga, terang, hemat daya, dan tahan lama. Keempat, pemasangan sangat mudah. Kelima, usia pakai lebih tahan lama. Keenam, mengatasi pencurian aki atau baterai pada lampu PJUTS konvensional.

Sebagaimana Anda tahu, lampu PJU tenaga surya konvensional terpasang terpisah antara lampu dan baterai. Ternyata hal tersebut memancing pencuri untuk mengambil baterai tersebut, sehingga PJU yang ada di jalanan umum ada namun tidak menerangi jalanan. Karena itu, Sankelux berinovasi supaya tidak lagi ada kasus yang sama kini PJU tenaga surya bukan hanya dapat mempercantik lingkungan, namun dapat menerangi jalanan umum setiap kali malam tiba.

Dengan kualitas sebanyak yang Anda dapatkan, biaya yang dibutuhkan untuk membeli lampu ini memang relatif mahal dibandingkan dengan jenis lampu lainnya. Namun, harga tersebut cukup relevan terutama kamu dapat memilih watt yang dibutuhkan. PJU tenaga surya 60 Watt adalah pilihan yang paling efisien. Biaya yang Anda keluarkan tidak terlalu tinggi dan watt yang dibutuhkan pun cukup terang untuk menerangkan jalanan.  

On 22-Okt-2018

SANKELUX – Dalam unsur penataan kota, Penerangan Jalanan Umum (PJU) memiliki peran penting untuk pengguna jalan. Misalnya, sebagai pedoman navigasi ketika berkendara di malam hari dan meningkatkan keamanan serta keselamatan pengguna jalan. Namun, jika kamu perhatikan jalanan umum masih banyak PJU dengan jenis yang boros energi. Dampaknya banyak PJU yang mati dan dibiarkan tidak menyala sampai berbulan-bulan. Berdasarkan isu yang ada hal ini terkait masalah tagihan listrik PJU yang cukup tinggi.

 Saat ini penggunaan PJU konvensional pun dialihkan dengan menggunakan lampu PJU LED dengan tenaga surya. PJU tenaga surya ini terkenal ramah lingkungan dan irit dikemudian hari. Irit di sini PJU LED mampu menghemat penggunaan daya listrik dan dapat efisiensi biaya rutin listrik untuk penerangan jalan. Walaupun sebenarnya diperlukan investasi awal yang cukup besar untuk penggunaan lampu LED ini. Seperti untuk harga lampu penerangan jalan LED 65 watt dengan tenaga surya yang dikenakan biaya umumnya mulai dari Rp 20 juta.

 Untuk pengadaan lampu PJU LED tenaga surya menjadi pilihan paling tepat untuk digunakan di jalanan umum baik itu perkotaan maupun pedesaan. Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan mulai dari teknis dan penggunaan.

Keuntungan teknis PJU LED tenaga surya

  • PJU LED tersedia untuk beberapa macam watt, mulai dari 20 – 135 watt
  • Sudah termasuk kabel, aksesoris, dan pengaman
  • Harg lampu PJU LED beragam, salah satunya ada yang tersedia harga lampu PJU LED 65 watt
  • Tersedia PJU LED all in one yang tidak mudah dicuri
  • Bergaransi

Keuntungan penggunaan PJU LED tenaga surya

·         Lampu LED menggunakan energi matahari, sehingga tidak akan boros energi dan boros biaya

·         Lampu LED hidup lebih lama dari lampu biasa mencapai hingga 50.000 jam

·         Lampu LED tidak menghasilkan sinar UV, sehingga tidak panas saat digunakan

·         Lampu LED memiliki 80-90% efisiensi dari cahaya lainnya, karena mendukung tegangan listrik rendah

·         Lampu LED ramah lingkungan

 

Untuk Anda yang sedang mencari PJU LED, Sankelux menawarkan  beragam variasi watt dan harga yang cukup terjangkau. Salah satunya harga lampu PJU LED 65 watt dapat dilihat di sini https://www.sankelux.co.id/search?keyword=PJU

On 15-Okt-2018

SANKELUX – Gerakan hemat energi gencar dilakukan oleh berbagai lapisan masyarakat. Selain mengurangi penggunaan peralatan elektronik di rumah, Anda juga dapat menerapkan dengan cara memasang solar cell untuk rumah tangga. Solar cell merupakan komponen utama dari penyediaan energi surya untuk mengkonversi sinar matahari  menjadi energi listrik. Beberapa developer atau kontraktor yang mengembangkan rumah hemat energi biasanya menyediakan fasilitas ini sebagai salah satu fitur hijau di clusternya.

Setiap solar cell untuk rumah tangga dipasang diatas gedung / bangunan rumah untuk menghasilkan energi bersih. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan, salah satunya penghematan biaya listrik. Bagi Anda yang sudah memiliki rumah atau bagi developer yang sedang mengembangkan rumah hemat energi, Anda dapat mempertimbangkan untuk memasang panel surya. Berikut ini kelebihan yang perlu anda pahami.

Energi gratis. Penggunaan solar cell untuk rumah tangga selain ramah lingkungan, juga memberikan energi gratis di luar alat dan jasa pemasangan solar cell. Listrik yang dihasilkan dari energi matahari ini adalah bentuk energi paling berlimpah yang tersedia di bumi. Sistem kerjanya:  matahari menampung energi panas di siang hari yang berfungsi menyalakan sistem komponen elektrik di rumah Anda. Dengan begitu, Anda bisa menyimpan biaya yang digunakan untuk membayar tagihan listrik.

Produksi energi bersih. Global warming, salah satunya disebabkan oleh penggunaan listrik PLN yang berlebihan dari rumah tangga yang energinya diperoleh dari bahan bakar batu bara . Namun, berbeda dengan energi cahaya yang diubah ke energi listrik menggunakan solar cell. Keuntungan dalam penggunaan pembangkit listrik ini akan tetap aman dan menjaga lingkungan tetap bersih. Sebab, panel surya atau solar cell tidak akan menghasilkan gas rumah kaca, sehingga siapa saja boleh menggunakan.

Mengurangi ketergantungan. Sebagai pengguna listrik PLN, secara tidak langsung ada ketergantungan untuk memenuhi kebutuhan listrik sehari-hari. Hal ini akan terasa sekali ketika listrik PLN dalam kondisi mati. Anda akan bingung, bahkan sampai tidak bisa berbuat apapun karena semua kebutuhan tergantung dengan listrik PLN. Berbeda jika Anda menggunakan solar cell untuk rumah tangga, jika listrik PLN mati, Anda tetap dapat menggunakan energi listrik yang dihasilkan oleh panel surya untuk memenuhi beberapa kebutuhan.

Pasang sesuai kebutuhan. Rencana ingin hidup ramah lingkungan dengan menggunakan solar cell untuk rumah tangga, anda dapat memasang solar cell sesuai kebutuhan. Solar cell dapat diatur sesuai dengan seberapa besar listrik yang Anda butuhkan untuk kebutuhan rumah tangga. Jadi, Anda dapat menggunakan sebagian listrik PLN, sebagiannya lagi dengan solar cell.

On 15-Okt-2018

SANKELUX – Ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari dapat diadaptasikan dengan penggunaan solar cell (sel surya) untuk rumah tangga. Solar cell merupakan perangkat atau komponen yang dapat mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik dengan menggunakan prinsip efek photovoltaic. Dengan begitu, masyarakat dapat meminimalisir dampak pemanasan global dalam pengadaan tenaga listrik dengan menggantikan tenaga batu bara (PLN) menjadi tenaga surya menggunakan solar cell.

Sebagai negara tropis, Indonesia sangat kaya akan cahaya matahari. Dengan perangkat solar cell ini cahaya yang masuk akan menghasilkan tegangan dan arus yang lebih kuat pada umumnya. Sehingga, solar cell dapat menjadi sumber listrik untuk berbagai macam perangkat yang ada di rumah maupun sekitar Anda.

Cara kerja solar cell

Cara kerja solar cell ini cukup sederhana. Komponen utama dari solar cell terbuat dari bahan semikonduktor, dimana didalamnya setidaknya terdapat dua lapisan semikonduktor berupa positif dan negatif. Saat solar cell bekerja, maka ia akan menangkap sinar matahari yang berupa partikel kecil dari energi foton matahari.

Saat energi foton yang diserap oleh lapisan negatif dari solar sel telah cukup, maka elektron akan dibebaskan dari lapisan negatif menuju ke lapisan positif, sehingga timbul beda potensial alias tegangan. Dari situlah akan timbul energi listrik yang nantinya dapat disimpan ke dalam sebuah baterai, sehingga solar cell dapat digunakan selama 24 jam.

Listrik yang dihasilkan oleh sistem solar cell juga dapat digunakan secara langsung. Misalnya, untuk menggunakan lampu, pompa, radio, dan sebagainya. Bukan hanya itu, listrik juga dapat digunakan untuk peralatan rumah tangga yang memiliki watt cukup besar, seperti lemari pendingin dan air conditioner (AC).

Harga solar cell untuk rumah tangga

Jika bicara mengenai harga solar cell untuk rumah tangga, kamu akan dikenakan biaya yang relatif mahal. Namun, biaya ini mencakup alat dan jasa pemasangannya. Apabila dibandingkan dengan listrik pada umumnya, solar cell memiliki keuntungan yang akan Anda dapatkan sampai bertahun-tahun lamanya. Untuk penggunaan rumah tangga biasanya dapat bertahan hingga 20 – 25 tahun.

Sebelumnya, Anda perlu menyiapkan beberapa komponen yang dibutuhkan, berupa solar cell, module/PV, solar charge controller, baterai, dan inverter DC to AC. Semua alat ini untuk menghasilkan aliran listrik.

Kebutuhan listrik setiap rumah tentu berbeda-beda. Untuk pemakaian 1500 watt, kapasitas umum untuk solar cell yang di pasang di atap rumah kurang lebih memenuhi sekitar 1000WP. Sementara untuk harga solar cell untuk rumah tangga pun berbeda-beda. Salah satunya Anda dapat melihat biayanya melalui website berikut https://www.sankelux.co.id/product?id=109

On 13-Sep-2018

SANKELUX – Panel surya dalam kehidupan sehari-hari semakin banyak digunakan oleh masyarkat Indonesia. Alat yang berfungsi untuk mengubah cahaya menjadi listrik ini memiliki manfaat yang tidak terbatas, mulai dari penggunaan sejumlah energi yang tidak terbatas, tidak menimbulkan polusi yang membahayakan lingkungan, dapat diaplikasikan dari kapasitas kecil maupun besar, dan harga panel surya 500 watt yang terjangkau.

Sistem kerja panel surya sendiri sangatlah sederhana. Biasanya, panel surya yang berukuran kecil diletakkan di atap rumah atau bagian yang terpancar sinar matahari. Setelah itu, listrik akan disimpan di baterai  supaya dapat digunakan selama seharian atau 24 jam. Berikut fungsi panel surya yang dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pembangkit energi listrik. Panel surya sudah tentu memiliki fungsi dasar sebagai pembangkit listrik yang mengubah energi surya menjadi energi listrik. Adapun caranya dapat dilakukan dengan dua tipe, yaitu secara langsung menggunakan fotovoltaik dan secara tidak langsung dengan pemusatan energi surya. Maksud dari fotovoltaik sendiri adalah mengubah secara langsung energi cahaya menjadi listrik dengan menggunakan efek fotoelektrik.

Pompa air. Ternyata panel surya bukan hanya berfungsi sebagai pembangkit listrik, melainkan juga dapat diaplikasikan untuk menghidupkan sirkulasi air. Penggunaan panel surya ini dimanfaatkan untuk tenaga penggerak dengan sinar matahari. Cara ini biasanya digunakan oleh daerah yang masih pedalaman atau yang sulit dijangkau oleh listrik dari PLN. Selain hemat ketersediaan bahan bakar, dengan panel surya, Anda juga hemat biaya energi penggerak. Apalagi harga panel surya 500 watt yang butuh pengeluaran di awal saja.

Sistem ventilasi. Siapa bilang warga yang ada di kota tidak bisa memanfaatkan panel surya dalam kehidupan sehari-hari. Anda dapat memanfaatkan alat pembangkit listrik ini untuk kipas-kipas ventilasi yang ada di rumah. Tentu ada banyak ventilasi yang Anda gunakan di rumah, seperti exhaust fan kamar mandi atau dapur, kipas lantai, atau kipas langit yang beroperasi hampir setiap hari. Dengan penggunaan energi surya Anda dapat mencari harga panel surya 500 watt yang terjangkau demi mengurangi tagihan listrik yang setiap tahunnya bertambah mahal.

Lampu Penerangan Jalanan Umum (PJU). Jika Anda memperhatikan lampu PJU, beberapa daerah telah menggunakan panel surya sebagai sumber listriknya. Beberapa dapat Anda temukan pada PJU yang ada di jalan tol, jalan utama, jalan perumahan, halte bis, SPBU, dan banyak lagi. Hal ini tentu sangat efisien dalam mengurangi penggunaan listrik dari listrik PLN. Selain itu, PJU juga sangat cocok untuk daerah yang belum terjangkau listrik PLN atau daerah terpencil. Sehingga, penduduk akan merasa aman ketika pulang tengah malam dan mengurangi tingkat kecelakaan di jalan.  

On 24-Ags-2018

SANKELUX – Pernahkah Anda mendengar apa itu pembangkit listrik tenaga surya? Pembangkit listrik tenaga surya merupakan pembangkit listrik yang mengubah energi surya (matahari) menjadi energi listrik. Dalam kehidupan modern seperti sekarang ini tentu listrik menjadi kebutuhan utama, namun tidak banyak orang yang menyadari aspek dari penggunaan listrik yang berlebihan. 

Tanpa Anda sadari dalam satu hari penuh umumnya seseorang membutuhkan listrik sejak bangun tidur sampai tidur lagi. Kebutuhan dan penggunaan yang tidak akan ada habisnya ini manusia membangun berbagai macam pembangkit listrik untuk menyuplai kebutuhan mereka. Salah satunya pembangit listrik tenaga surya ini. 

Indonesia telah menerapkan perkembangan pembangkit listrik tenaga surya sejak tahun 80an. Indonesia berada di garis katulistiwa dengan sinar matahari yang cukup sehingga negara ini memiliki potensi tenaga matahari dikembangkan menjadikan bahan bakar Pembangkit Listrik Tenaga Surya. 
Untuk menghasilkan listrik tenaga surya, sinar matahari diserap oleh panel-panel tenaga surya yang akan disimpan sebelum diolah pada proses selanjutnya. Pada saat proses pengolahan ini secara umum energi surya dapat dimanfaatkan berdasarkan 3 jenis, berupa: 
  1. Pemanfaatan dengan menggunakan teknologi solar photovoltaic, yaitu sinar radiasi matahari dapat diubah menjadi listrik dengan teknologi sel fotovoltaik atau sel surya. 
  2. Pemanfaat dengan teknologi solar heat, yaitu panas matahari diubah menjadi listrik dengan teknologi pengumpulan panas. 
  3. Pemanfaatan solar passive, yaitu energi matahari dimanfaatkan tanpa langsung mengkonversi energi tersebut menjadi listrik dalam penerapannya. 
Dari ketiga jenis di atas, pembangkit listrik tenaga surya yang sekarang berkembang di Indonesia, lebih banyak menggunakan sel surya untuk menghasilkan listrik. Dimana hal tersebut tertera pada jenis yang pertama dari ketiga jenis yang sudah disebutkan di atas. 

Pengembangan pembangkit listrik tenaga surya ini dapat digunakan pada setiap rumah. Caranya, Anda dapat memasang panel surya yang berukuran kurang dari 10 meter persegi di atap rumah. Untuk harga listrik tenaga surya 500 watt, Anda akan dikenakan biaya kurang lebih Rp5.800.000. Harga ini cukup terjangkau bilamana Anda hubungkan dengan pemanfaatan listrik tenaga surya yang berpotensi untuk masa depan. Namun, jika menurut Anda harga listrik tenaga surya 500 watt cukup kemahalan, kamu dapat mencoba dengan ukuran 100 watt. 

1
2