×

On 13-Nov-2018

SANKELUX - Pembangkit listrik tenaga surya dewasa ini memang telah menjadi primadona oleh sebagian masyarakat Indonesia. Di tengah arus informasi yang terbuka, masyarakat sudah banyak yang menyadari akan pentingnya penggunaan sumber energi alternatif. Sebagai upaya untuk menjaga ketersediaan energi yang terbarukan serta untuk menekan pengeluaran beban listrik.

Nah, jika Anda termasuk salah seorang yang tertarik untuk memasang pembangkit listrik tenaga surya, alangkah lebih baik jika Anda memahami perangkat dan komponen harganya.  Pemasangan pembangkit listrik ini diperlukan perencanaan yang baik seperti daya yang dibutuhkan, besar arus, dan unit baterai, oleh karena itu Anda harus bisa menentukan rencana pemakaian Anda dan menghitungnya sendiri. Misalnya menghitung harga listrik tenaga surya 5000 watt .

Komponen Pembangkit Listrik Tenaga Surya

1.      Panel Surya/ Solar Cell

Panel surya ini berfungsi untuk mengkonversi tenaga matahari menjadi listrik. Kebutuhan panel surya untuk tiap pemasangan akan berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan daya (watt) yang diinginkan.

2.      Charge Control

Fungsi dari komponen ini adalah untuk menjaga agar baterai tidak kelebihan tegangan (under charger) dengan begitu maka akan memperawet umur baterai.

3.      Battery

Seperti baterai pada umumnya, baterai dalam pemasangan pembangkit listrik juga berfungsi sebagai penyimpan daya. Untuk baterai yang digunakan sebaiknya menggunakan baterai gel atau baterai kering. Meskipun berharga lebih mahal, baterai ini paling sering direkomendasikan dan disebut-sebut sebagai baterai terbaik untuk listrik tenaga surya.

4.      Inverter/Converter

Komponen yang terakhir berfungsi untuk mengkonversikan tegangan searah menjadi tegangan bolak balik (AC). Oleh karena itu komponen ini bersifat optional. Tidak diperlukan untuk beban yang hanya membutuhkan tegangan searah (DC).,

Setelah Anda mengenal dan memahami apa saja fungsi dari komponen-komponen yang akan dipasang. Maka Anda dapat merencanakan jumlah daya yang dibutuhkan untuk pemakaian sehari-hari. Penentuan daya akan berpengaruh terhadap jumlah panel surya dan baterai yang diperlukan sesuai kapasitas yang diinginkan dan pertimbangan untuk penggunaan di malam hari.

Bagaimana, setelah Anda mengetahui komponen-komponen di atas, apakah Anda dapat menghitung berapa jumlah tiap komponen yang dibutuhkan dan harga panel surya 5000 watt? 

On 5-Nov-2018

SANKELUX – Apapun barang yang Anda beli, sebaiknya periksa kualitas barang tersebut sebelum melakukan transaksi. Begitupun saat Anda berencana membeli solar cell. Solar cell untuk rumah tangga yang tidak murah ini perlu ketelitian mulai dari memilih merk yang bagus sampai dengan mengecek kondisi barang. Solar cell memang dijual bebas di pasaran, khususnya di LTC Glodok, Jakarta. Di sini menjual beragam jenis solar cell  dengan harga yang bervariasi.

Satu jenis barang merek tertentu akan terbagi di dalam satu level perusahaan dengan kualitas terbaik. Biasanya perusahaan yang ada pada level ini memiliki beberapa keunggulan baik dari segi produk maupun servis. Misalnya, PT. Sankeindo sebagai pabrik lokal solar cell yang dapat mensuplai serta memproduksi kebutuhan barang energi tenaga surya.  Salah satu keunggulannya memiliki peralatan pengujian bahwa solar cell yang kamu gunakan adalah produk baru dengan kualitas terbaik. Berikut ini tips membedakan solar cell kamu berkualitas atau tidak.

Ciri-ciri solar cell rusak. Sebagaimana kamu tahu bahwa harga solar cell untuk rumah tangga atau bangunan gedung itu mahal. Maka saat membeli perhatikan solar cell telah tersusun dan dilaminating di dalam panel surya. Pastikan sel surya yang ada, tidak rusak, terpotong, atau pecah. Sebab jika rusak, panel surya tidak dapat berkerja dengan optimal, bahkan membahayakan nyawa Anda. Jika baru beli namun dalam kondisi tesebut, produk tersebut memiliki standar kualitas produksi pabrikan yang rendah. Merek yang bagus biasanya sudah melakukan kontrol kualitas (quality control) dan memiliki surat lolos uji kualitas. Dengan begitu, harga yang dijual memang cukup mahal.

Terdapat goresan kaca. Jangan merasa ketika melihat goresan kaca pada lapisan kaca panel surya adalah masalah biasa. Goresan kecil ataupun besar ini akibat penanganan panel surya yang tidak tepat di pabrik. Bahkan goresan ini dapat berdampak buruk, seperti:

  • Berpotensi menurunnya tingkat produksi daya pada panel surya.
  • Goresan kecil atau dangkal dapat menyebabkan bayangan dan mengganggu perubahan energi
  • Goresan besar dan dalam bisa sangat mengganggu lapisan antirefleksi sensitif, sehingga transmitansi cahaya.
  • Lapisan yang rusak dapat menyebabkan udara, debu, dan air bisa masuk ke bagian bawah kaca dan sel surya, yang akan berdampak pada lapisan sel surya terangkat dan dalam jangka Panjang dapat menyebabkan efek delaminating.

Penyelarasan sel surya tidak tepat. Dalam menyediakan produk solar cell karena harus hati-hati. Apabila terjadi ketidakselarasan string sel surya, penyebabnya bisa jadi akibat pemotongan sel surya yang tidak tepat. Tentu kondisi ini akan menjadi masalah secara estetika. Maka jangan menerima barang seperti ini karena sudah pasti barang yang disediakan produsen merek tersebut menunjukan kontrol kualitas mereka lemah.

On 5-Nov-2018

SANKELUX – Penggunaan solar cell untuk rumah tangga dapat dikatakan seimbang atau bahkan lebih sedikit dari penggunaan solar cell untuk bangunan gedung. Banyak bangunan gedung terutama perusahaan atau pabrik yang menyadari bahwa hal ini dapat membantu konservasi lingkungan. Maka dari itu, mereka memanfaatkan sumber daya matahari ini menjadi energi yang melimpah untuk pengadaan listrik pada gedung tersebut. Adapun pembahasan kali ini kami akan membahas lebih banyak mengenai manfaat solar cell untuk bangunan gedung, sebagai berikut:

Solar cell dapat menyediakan energi listrik bagi siapapun dan dimanapun. Saat ini kesadaran masyarakat akan pemanfaatan pembangkit listrik tenaga surya dapat dilakukan oleh siapapun dan dimanapun. Salah satunya kontribusi dari sektor industri dalam penggunaan energi yang ramah lingkungan ini dengan menggunakan solar cell.

Solar cell dapat membantu operasional bangunan gedung. Solar cell untuk rumah tangga dapat menyalakan hampir seluruh peralatan rumah tangga, begitupun untuk sektor indusri. Solar cell mampu membantu pengadaan listrik untuk operasional fasilitas bangunan gedung, mulai dari menyalakan seluruh peralatan kantor sampai mesin produksi suatu pabrik.

Solar cell dapat menjadi bantuan pertama setelah bencana. Jika menggunakan listrik konvensional atau PLN , sering kali terjadi listrik mati pada waktu yang tidak dapat ditentukan, maka berbeda dengan solar cell ini. Rangkaian alat solar cell dapat menjadi bantuan pertama setelah bencana, salah satunya saat listrik PLN sedang padam. Hal ini tentu sangat berfungsi bagi mesin atau alat perusahaan yang harus menyala dalam kurun waktu 24 jam.

Solar cell dapat menciptakan ramah lingkungan. Sebuah pabrik atau sektor industri sudah pasti akan membutuhkan tenaga listrik yang tidak sedikit saat operasional sedang berlangsung. Dengan terpasangnya listrik tenaga surya ini dapat menekan pemanasan global yang bisa sangat mengancam kehidupan manusia di muka bumi. Bahkan solar cell untuk rumah tangga maupun bangunan gedung dapat berkontribusi dalam mereduksi emisi karbon.                                    

Tagihan listrik dapat berkurang. Semua perusahaan solar cell menjanjikan kepada setiap penggunanya bahwa dengan menggunakan listrik tenaga surya dapat membantu mengurangi tagihan listrik sejak hari pertama solar cell dipasang. Tentu hal ini akan sangat menguntungkan bagi sebuah perusahaan. Untuk lebih jelasnya mengenai biaya solar cell untuk rumah tangga atau bangunan gedung, Anda dapat mengunjungi website berikut https://www.sankelux.co.id

On 29-Okt-2018

SANKELUX – Panel surya menjadi alternatif dalam menghasilkan energi bersih yang banyak digunakan untuk bangunan gedung dan perumahan sekarang ini. Mulai dari masalah penghematan listrik sampai kekurangan listrik, panel surya menjadi solusi untuk kebutuhan masyarakat bahkan untuk negara berkembang. Sayangnya dari penggunaan tersebut, masih banyak mitos dan fakta seputar energi surya yang perlu dipahami bersama. Salah satunya mengenai harga panel surya untuk rumah tangga. Banyak masyarakat awam yang menganggap bahwa panel surya hanya dibutuhkan untuk daerah kekurangan listrik. Karena itu, kali ini mari cari tahu apa saja yang perlu diketahui sebelum memasang panel surya.

Mitos atau Fakta: Panel Surya Hanya Bekerja di Siang Hari. Fakta bahwa panel surya hanya bekerja pada siang hari saja karena sumber energi yang digunakan dari matahari yang dapat dikonversi menjadi listrik dan tentunya tidak dapat berkerja pada malam hari. Alasan lainnya juga panel surya memiliki standar minimal, baik tegangan dan arus, dimana sistem panel surya dapat bekerja secara baik saat siang hari. Namun, tidak menutup kemungkinan panel surya dapat digunakan dan bekerja dengan baik saat malam hari dengan bantuan teknologi penyimpanan daya atau baterai.

Mitos atau Fakta, Listrik dari Energi Surya Hanya Dihasilkan Saat Matahari Cerah. Banyak orang yang berpikiran, listrik dari energi surya dapat dihasilkan saat matahari cerah. Tentu jawabannya adalah mitos. Panel surya masih dapat menghasilkan listrik meskipun dengan cuaca mendung karena pada kenyataannya panel surya tetap dapat mengkonversi energi surya selama standar nilai minimal yang dibutuhkan tercapai. Maka dari itu, penentuan mahal atau murahnya harga panel surya untuk rumah tangga atau untuk bangunan gedung yang Anda gunakan dapat dipastikan saat peralatan dapat berkerja dengan maksimal. Artinya, Anda harus cari tahu lebih dalam mengenai panel surya sebelum memasangnya.

Mitos atau Fakta, Harga Panel Surya untuk Rumah Tangga atau Gedung itu Mahal. Bicara harga panel surya untuk rumah tangga atau gedung itu mahal atau tidak, jawabannya relatif. Sebab perkembangan teknologi tenaga surya telah berkembang dengan cepat. Jika dibandingkan selama 3 tahun terakhir ini harga panel surya untuk rumah tangga atau gedung mengalami penurunan hingga 60%. Sehingga biaya pemasangan sistem panel surya sudah jauh lebih murah dibandingkan beberapa tahun lalu. Apalagi saat ini banyak perusahaan tenaga surya asal Indonesia yang memproduksi  sendiri. Contohnya, Sankelux yang memulai lini bisnis pada komponen listrik, lampu LED dan berkembang pada panel surya.

Mitos atau Fakta: Panel Surya Bekerja Maksimal Di Indonesia. Indonesia terkenal dengan Kawasan tropisnya. Hal ini tentu menjadi peluang besar untuk Anda menggunakan panel surya karena faktanya energi surya dapat bekerja maksimal di daerah dengan tingkat penyebaran radiasi matahari tinggi. Indonesia memiliki tingkat radiasi matahari kurang lebih 3,5 - 6,0 kWh/m2 dari potensi radiasi matahari terbesar adalah 9,0 kWh/m2. Selain itu, panel surya juga dapat bekerja dengan maksimal pada temperature 25oC.

Mitos atau Fakta: Panel Surya Bebas Perawatan. Jika Anda pernah mendengar panel surya itu mahal, pernyataan ini fakta bahwa pemasangan panel surya mahal namun hanya di awal saja. Selanjutnya Anda akan merasakan manfaat, salah satunya penghematan biaya. Dimana teknologi surya tidak membutuhkan perawatan rutin karena tidak memiliki komponen bergerak, sehingga alat yang digunakan tidak menjadi haus. Perawatan yang dibutuhkan berupa memastikan tidak ada faktor eksternal yang mempengaruhi kinerja sistem.

On 29-Okt-2018

Air yang biasa kita gunakan sehari-hari merupakan elemen yang sangat penting dan menjadi kebutuhan mutlak  untuk menunjang segala kehidupan di muka bumi. Untuk kehidupan sehari-hari saja, dirumah kita menggunakan air untuk memasak, mencuci, dan membersihkan rumah. Tapi penggunaan air yang besar tentunya akan berdampak kepada pemakaian listrik rumah tangga. Untuk menyiasati hal tersebut, sekarang ini sudah ada yang namanya pompa air sumur bor tenaga surya.

Apa itu Pompa Air Sumur Bor Tenaga Surya?

Pada dasarnya, pompa air sumur bor tenaga surya itu sama dengan pompa air untuk sumur bor pada umumnya. Yaitu menyerap dan mendorong air dari sistem pendingin sehingga dapat bersikulasi pada mesin. Yang berbeda dari kedua jenis pompa air tersebut adalah sumber energinya. Jika pompa air biasa menggunakan listrik sebagai energi utama, maka pompa air sumur bor tenaga surya sesuai dengan namanya memanfaatkan energi matahari.

Mengapa Harus Memakai Pompa Air Sumur Bor Tenaga Surya?

1.      Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa sistem pompa air tenaga surya hanya memerlukan energi dari sinar matahari untuk operasionalnya, maka Anda tidak perlu mengeluarkan sepeserpun rupiah untuk tagihan listrik;

2.      Pompa air ini dapat menyimpan energi dari sinar matahari. Sehingga Anda tidak perlu khawatir jika listrik sedang padam pompa air ini akan tetap beroperasi bahkan dalam cuaca mendung atau malam hari sekalipun;

3.      Perawatan berkala dapat dilakukan oleh kita sendiri tanpa memanggil ahli. Hal ini karena penggunaan pompa air tenaga surya sangatlah praktis dan mudah. Anda tinggal membersihkan permukaan modul surya dan pipa saja.

4.      Dengan memakai pompa air tenaga surya untuk sumur bor Anda, artinya Anda telah berkontribusi terhadap penjagaan energi berkelanjutan dan pemanasan global;

5.      Pemasangan yang mudah, pompa ini tidak memerlukan banyak kabel atau jaringan jika dibandingkan dengan pemasangan tenaga listrik biasa.

Wah, ternyata selain untuk menekan biaya pengeluaran listrik rumah tangga, penggunaan pompa air sumur bor tenaga surya memiliki manfaat lain. Tidak heran jika sekarang pompa air tenaga surya menjadi pilihan alternatif yang paling tepat untuk menunjang kebutuhan air rumah tangga.

On 22-Okt-2018

SANKELUX – Penerangan Jalanan Umum (PJU) sebagai penerangan di suatu kawasan sering kali ada di perumahan, jalanan umum, taman, tambang, perkebunan, tempat wisata, dan lain-lain. Pada umumnya PJU yang digunakan menggunakan tenaga listrik. Namun, tidak sedikit juga kini yang menggunakan PJU tenaga surya dengan daya mulai dari 20 Watt sampai 135 Watt. Penggunaan paling banyak, yaitu PJU tenaga surya 60 watt.

Lampu PJU yang paling populer dan banyak direkomendasikan di jalanan umum saat ini adalah lampu LED (Light Emitting Diode). Selain memiliki tampilan lebih modern dan futuristic, lampu jenis ini juga ramah lingkungan dan hemat baik dari segi ekonomis dan teknisi. Apalagi jika Anda memilih lampu LED untuk PJU tenaga surya 60 watt. Kenapa?

Kualitas lampu LED memang tidak diragukan lagi, ditambah jika menggunakan PJU tenaga surya dari Sankelux keluaran terbaru. Sankelux memberikan fitur “All in One”. Pertama, lampunya menggunakan lampu PJU LED dengan sumber daya tenaga surya. Kedua, desain yang praktis berupa lamp, solar panel, dan baterai dalam satu rumah lampu. Ketiga, terang, hemat daya, dan tahan lama. Keempat, pemasangan sangat mudah. Kelima, usia pakai lebih tahan lama. Keenam, mengatasi pencurian aki atau baterai pada lampu PJUTS konvensional.

Sebagaimana Anda tahu, lampu PJU tenaga surya konvensional terpasang terpisah antara lampu dan baterai. Ternyata hal tersebut memancing pencuri untuk mengambil baterai tersebut, sehingga PJU yang ada di jalanan umum ada namun tidak menerangi jalanan. Karena itu, Sankelux berinovasi supaya tidak lagi ada kasus yang sama kini PJU tenaga surya bukan hanya dapat mempercantik lingkungan, namun dapat menerangi jalanan umum setiap kali malam tiba.

Dengan kualitas sebanyak yang Anda dapatkan, biaya yang dibutuhkan untuk membeli lampu ini memang relatif mahal dibandingkan dengan jenis lampu lainnya. Namun, harga tersebut cukup relevan terutama kamu dapat memilih watt yang dibutuhkan. PJU tenaga surya 60 Watt adalah pilihan yang paling efisien. Biaya yang Anda keluarkan tidak terlalu tinggi dan watt yang dibutuhkan pun cukup terang untuk menerangkan jalanan.  

On 22-Okt-2018

SANKELUX – Dalam unsur penataan kota, Penerangan Jalanan Umum (PJU) memiliki peran penting untuk pengguna jalan. Misalnya, sebagai pedoman navigasi ketika berkendara di malam hari dan meningkatkan keamanan serta keselamatan pengguna jalan. Namun, jika kamu perhatikan jalanan umum masih banyak PJU dengan jenis yang boros energi. Dampaknya banyak PJU yang mati dan dibiarkan tidak menyala sampai berbulan-bulan. Berdasarkan isu yang ada hal ini terkait masalah tagihan listrik PJU yang cukup tinggi.

 Saat ini penggunaan PJU konvensional pun dialihkan dengan menggunakan lampu PJU LED dengan tenaga surya. PJU tenaga surya ini terkenal ramah lingkungan dan irit dikemudian hari. Irit di sini PJU LED mampu menghemat penggunaan daya listrik dan dapat efisiensi biaya rutin listrik untuk penerangan jalan. Walaupun sebenarnya diperlukan investasi awal yang cukup besar untuk penggunaan lampu LED ini. Seperti untuk harga lampu penerangan jalan LED 65 watt dengan tenaga surya yang dikenakan biaya umumnya mulai dari Rp 20 juta.

 Untuk pengadaan lampu PJU LED tenaga surya menjadi pilihan paling tepat untuk digunakan di jalanan umum baik itu perkotaan maupun pedesaan. Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan mulai dari teknis dan penggunaan.

Keuntungan teknis PJU LED tenaga surya

  • PJU LED tersedia untuk beberapa macam watt, mulai dari 20 – 135 watt
  • Sudah termasuk kabel, aksesoris, dan pengaman
  • Harg lampu PJU LED beragam, salah satunya ada yang tersedia harga lampu PJU LED 65 watt
  • Tersedia PJU LED all in one yang tidak mudah dicuri
  • Bergaransi

Keuntungan penggunaan PJU LED tenaga surya

·         Lampu LED menggunakan energi matahari, sehingga tidak akan boros energi dan boros biaya

·         Lampu LED hidup lebih lama dari lampu biasa mencapai hingga 50.000 jam

·         Lampu LED tidak menghasilkan sinar UV, sehingga tidak panas saat digunakan

·         Lampu LED memiliki 80-90% efisiensi dari cahaya lainnya, karena mendukung tegangan listrik rendah

·         Lampu LED ramah lingkungan

 

Untuk Anda yang sedang mencari PJU LED, Sankelux menawarkan  beragam variasi watt dan harga yang cukup terjangkau. Salah satunya harga lampu PJU LED 65 watt dapat dilihat di sini https://www.sankelux.co.id/search?keyword=PJU

On 15-Okt-2018

SANKELUX – Gerakan hemat energi gencar dilakukan oleh berbagai lapisan masyarakat. Selain mengurangi penggunaan peralatan elektronik di rumah, Anda juga dapat menerapkan dengan cara memasang solar cell untuk rumah tangga. Solar cell merupakan komponen utama dari penyediaan energi surya untuk mengkonversi sinar matahari  menjadi energi listrik. Beberapa developer atau kontraktor yang mengembangkan rumah hemat energi biasanya menyediakan fasilitas ini sebagai salah satu fitur hijau di clusternya.

Setiap solar cell untuk rumah tangga dipasang diatas gedung / bangunan rumah untuk menghasilkan energi bersih. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan, salah satunya penghematan biaya listrik. Bagi Anda yang sudah memiliki rumah atau bagi developer yang sedang mengembangkan rumah hemat energi, Anda dapat mempertimbangkan untuk memasang panel surya. Berikut ini kelebihan yang perlu anda pahami.

Energi gratis. Penggunaan solar cell untuk rumah tangga selain ramah lingkungan, juga memberikan energi gratis di luar alat dan jasa pemasangan solar cell. Listrik yang dihasilkan dari energi matahari ini adalah bentuk energi paling berlimpah yang tersedia di bumi. Sistem kerjanya:  matahari menampung energi panas di siang hari yang berfungsi menyalakan sistem komponen elektrik di rumah Anda. Dengan begitu, Anda bisa menyimpan biaya yang digunakan untuk membayar tagihan listrik.

Produksi energi bersih. Global warming, salah satunya disebabkan oleh penggunaan listrik PLN yang berlebihan dari rumah tangga yang energinya diperoleh dari bahan bakar batu bara . Namun, berbeda dengan energi cahaya yang diubah ke energi listrik menggunakan solar cell. Keuntungan dalam penggunaan pembangkit listrik ini akan tetap aman dan menjaga lingkungan tetap bersih. Sebab, panel surya atau solar cell tidak akan menghasilkan gas rumah kaca, sehingga siapa saja boleh menggunakan.

Mengurangi ketergantungan. Sebagai pengguna listrik PLN, secara tidak langsung ada ketergantungan untuk memenuhi kebutuhan listrik sehari-hari. Hal ini akan terasa sekali ketika listrik PLN dalam kondisi mati. Anda akan bingung, bahkan sampai tidak bisa berbuat apapun karena semua kebutuhan tergantung dengan listrik PLN. Berbeda jika Anda menggunakan solar cell untuk rumah tangga, jika listrik PLN mati, Anda tetap dapat menggunakan energi listrik yang dihasilkan oleh panel surya untuk memenuhi beberapa kebutuhan.

Pasang sesuai kebutuhan. Rencana ingin hidup ramah lingkungan dengan menggunakan solar cell untuk rumah tangga, anda dapat memasang solar cell sesuai kebutuhan. Solar cell dapat diatur sesuai dengan seberapa besar listrik yang Anda butuhkan untuk kebutuhan rumah tangga. Jadi, Anda dapat menggunakan sebagian listrik PLN, sebagiannya lagi dengan solar cell.

On 15-Okt-2018

SANKELUX – Ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari dapat diadaptasikan dengan penggunaan solar cell (sel surya) untuk rumah tangga. Solar cell merupakan perangkat atau komponen yang dapat mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik dengan menggunakan prinsip efek photovoltaic. Dengan begitu, masyarakat dapat meminimalisir dampak pemanasan global dalam pengadaan tenaga listrik dengan menggantikan tenaga batu bara (PLN) menjadi tenaga surya menggunakan solar cell.

Sebagai negara tropis, Indonesia sangat kaya akan cahaya matahari. Dengan perangkat solar cell ini cahaya yang masuk akan menghasilkan tegangan dan arus yang lebih kuat pada umumnya. Sehingga, solar cell dapat menjadi sumber listrik untuk berbagai macam perangkat yang ada di rumah maupun sekitar Anda.

Cara kerja solar cell

Cara kerja solar cell ini cukup sederhana. Komponen utama dari solar cell terbuat dari bahan semikonduktor, dimana didalamnya setidaknya terdapat dua lapisan semikonduktor berupa positif dan negatif. Saat solar cell bekerja, maka ia akan menangkap sinar matahari yang berupa partikel kecil dari energi foton matahari.

Saat energi foton yang diserap oleh lapisan negatif dari solar sel telah cukup, maka elektron akan dibebaskan dari lapisan negatif menuju ke lapisan positif, sehingga timbul beda potensial alias tegangan. Dari situlah akan timbul energi listrik yang nantinya dapat disimpan ke dalam sebuah baterai, sehingga solar cell dapat digunakan selama 24 jam.

Listrik yang dihasilkan oleh sistem solar cell juga dapat digunakan secara langsung. Misalnya, untuk menggunakan lampu, pompa, radio, dan sebagainya. Bukan hanya itu, listrik juga dapat digunakan untuk peralatan rumah tangga yang memiliki watt cukup besar, seperti lemari pendingin dan air conditioner (AC).

Harga solar cell untuk rumah tangga

Jika bicara mengenai harga solar cell untuk rumah tangga, kamu akan dikenakan biaya yang relatif mahal. Namun, biaya ini mencakup alat dan jasa pemasangannya. Apabila dibandingkan dengan listrik pada umumnya, solar cell memiliki keuntungan yang akan Anda dapatkan sampai bertahun-tahun lamanya. Untuk penggunaan rumah tangga biasanya dapat bertahan hingga 20 – 25 tahun.

Sebelumnya, Anda perlu menyiapkan beberapa komponen yang dibutuhkan, berupa solar cell, module/PV, solar charge controller, baterai, dan inverter DC to AC. Semua alat ini untuk menghasilkan aliran listrik.

Kebutuhan listrik setiap rumah tentu berbeda-beda. Untuk pemakaian 1500 watt, kapasitas umum untuk solar cell yang di pasang di atap rumah kurang lebih memenuhi sekitar 1000WP. Sementara untuk harga solar cell untuk rumah tangga pun berbeda-beda. Salah satunya Anda dapat melihat biayanya melalui website berikut https://www.sankelux.co.id/product?id=109

On 13-Sep-2018

SANKELUX – Panel surya dalam kehidupan sehari-hari semakin banyak digunakan oleh masyarkat Indonesia. Alat yang berfungsi untuk mengubah cahaya menjadi listrik ini memiliki manfaat yang tidak terbatas, mulai dari penggunaan sejumlah energi yang tidak terbatas, tidak menimbulkan polusi yang membahayakan lingkungan, dapat diaplikasikan dari kapasitas kecil maupun besar, dan harga panel surya 500 watt yang terjangkau.

Sistem kerja panel surya sendiri sangatlah sederhana. Biasanya, panel surya yang berukuran kecil diletakkan di atap rumah atau bagian yang terpancar sinar matahari. Setelah itu, listrik akan disimpan di baterai  supaya dapat digunakan selama seharian atau 24 jam. Berikut fungsi panel surya yang dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pembangkit energi listrik. Panel surya sudah tentu memiliki fungsi dasar sebagai pembangkit listrik yang mengubah energi surya menjadi energi listrik. Adapun caranya dapat dilakukan dengan dua tipe, yaitu secara langsung menggunakan fotovoltaik dan secara tidak langsung dengan pemusatan energi surya. Maksud dari fotovoltaik sendiri adalah mengubah secara langsung energi cahaya menjadi listrik dengan menggunakan efek fotoelektrik.

Pompa air. Ternyata panel surya bukan hanya berfungsi sebagai pembangkit listrik, melainkan juga dapat diaplikasikan untuk menghidupkan sirkulasi air. Penggunaan panel surya ini dimanfaatkan untuk tenaga penggerak dengan sinar matahari. Cara ini biasanya digunakan oleh daerah yang masih pedalaman atau yang sulit dijangkau oleh listrik dari PLN. Selain hemat ketersediaan bahan bakar, dengan panel surya, Anda juga hemat biaya energi penggerak. Apalagi harga panel surya 500 watt yang butuh pengeluaran di awal saja.

Sistem ventilasi. Siapa bilang warga yang ada di kota tidak bisa memanfaatkan panel surya dalam kehidupan sehari-hari. Anda dapat memanfaatkan alat pembangkit listrik ini untuk kipas-kipas ventilasi yang ada di rumah. Tentu ada banyak ventilasi yang Anda gunakan di rumah, seperti exhaust fan kamar mandi atau dapur, kipas lantai, atau kipas langit yang beroperasi hampir setiap hari. Dengan penggunaan energi surya Anda dapat mencari harga panel surya 500 watt yang terjangkau demi mengurangi tagihan listrik yang setiap tahunnya bertambah mahal.

Lampu Penerangan Jalanan Umum (PJU). Jika Anda memperhatikan lampu PJU, beberapa daerah telah menggunakan panel surya sebagai sumber listriknya. Beberapa dapat Anda temukan pada PJU yang ada di jalan tol, jalan utama, jalan perumahan, halte bis, SPBU, dan banyak lagi. Hal ini tentu sangat efisien dalam mengurangi penggunaan listrik dari listrik PLN. Selain itu, PJU juga sangat cocok untuk daerah yang belum terjangkau listrik PLN atau daerah terpencil. Sehingga, penduduk akan merasa aman ketika pulang tengah malam dan mengurangi tingkat kecelakaan di jalan.  

On 24-Ags-2018

SANKELUX – Pernahkah Anda mendengar apa itu pembangkit listrik tenaga surya? Pembangkit listrik tenaga surya merupakan pembangkit listrik yang mengubah energi surya (matahari) menjadi energi listrik. Dalam kehidupan modern seperti sekarang ini tentu listrik menjadi kebutuhan utama, namun tidak banyak orang yang menyadari aspek dari penggunaan listrik yang berlebihan. 

Tanpa Anda sadari dalam satu hari penuh umumnya seseorang membutuhkan listrik sejak bangun tidur sampai tidur lagi. Kebutuhan dan penggunaan yang tidak akan ada habisnya ini manusia membangun berbagai macam pembangkit listrik untuk menyuplai kebutuhan mereka. Salah satunya pembangit listrik tenaga surya ini. 

Indonesia telah menerapkan perkembangan pembangkit listrik tenaga surya sejak tahun 80an. Indonesia berada di garis katulistiwa dengan sinar matahari yang cukup sehingga negara ini memiliki potensi tenaga matahari dikembangkan menjadikan bahan bakar Pembangkit Listrik Tenaga Surya. 
Untuk menghasilkan listrik tenaga surya, sinar matahari diserap oleh panel-panel tenaga surya yang akan disimpan sebelum diolah pada proses selanjutnya. Pada saat proses pengolahan ini secara umum energi surya dapat dimanfaatkan berdasarkan 3 jenis, berupa: 
  1. Pemanfaatan dengan menggunakan teknologi solar photovoltaic, yaitu sinar radiasi matahari dapat diubah menjadi listrik dengan teknologi sel fotovoltaik atau sel surya. 
  2. Pemanfaat dengan teknologi solar heat, yaitu panas matahari diubah menjadi listrik dengan teknologi pengumpulan panas. 
  3. Pemanfaatan solar passive, yaitu energi matahari dimanfaatkan tanpa langsung mengkonversi energi tersebut menjadi listrik dalam penerapannya. 
Dari ketiga jenis di atas, pembangkit listrik tenaga surya yang sekarang berkembang di Indonesia, lebih banyak menggunakan sel surya untuk menghasilkan listrik. Dimana hal tersebut tertera pada jenis yang pertama dari ketiga jenis yang sudah disebutkan di atas. 

Pengembangan pembangkit listrik tenaga surya ini dapat digunakan pada setiap rumah. Caranya, Anda dapat memasang panel surya yang berukuran kurang dari 10 meter persegi di atap rumah. Untuk harga listrik tenaga surya 500 watt, Anda akan dikenakan biaya kurang lebih Rp5.800.000. Harga ini cukup terjangkau bilamana Anda hubungkan dengan pemanfaatan listrik tenaga surya yang berpotensi untuk masa depan. Namun, jika menurut Anda harga listrik tenaga surya 500 watt cukup kemahalan, kamu dapat mencoba dengan ukuran 100 watt. 

1
2