sankelux ×

Paket Sistem Solar Rooftop, Proyek Murah untuk Penggunaan Energi Tenaga Surya

SANKELUX- Saat ini pengembangan PLTS di Indonesia telah memiliki basis yang cukup kuat dari aspek kebijakan. Namun, pada tahap implementasi, potensi yang ada belum sepenuhnya dimanfaatkan secara maksimal. Untuk membangun pembangkit tenaga surya atau PLTS tentunya membutuhkan dana yang sangat besar, untuk harga listrik tenaga surya 5000 watt saja sudah mengeluarkan biaya yang sangat besar.

Hal ini sepertinya sudah dapat disiasati dan tidak perlu menggunakan anggaran yang begitu besar. Bahkan tidak perlu menggunakan anggaran dari pemerintah, tetapi swadaya masyarakat yang mulai sadar akan pentingnya energi terbarukan. Kesadaran ini disiasati dengan memanfaatkan teknologi solar rooftop.

Sistem Solar rooftop adalah sistem PV yang lebih kecil dibandingkan dengan sistem yang dipasang di tanah. Teknologi ini dapat dipasang di atap perumahan, bangunan komersial atau kompleks industri. Listrik yang dihasilkan dari sistem ini dapat seluruhnya dimasukan ke dalam jaringan yang diatur dengan Feed-inTarif (FiT) atau digunakan untu konsumsi sendiri dengan pengukuran net metering.

Solar rooftop memiliki banyak kelebihan dan manfaat. Mengutip dari artikel pada situs web Dirjen EBTKE Kementrian ESDM disebutkan bahwa teknologi solar rooftop merupakan solusi handal bagi penyediaan energi di geding-gedung perkantoran karena mayoritas gedung perkantoran menggunakan listrik pada siang hari. Keunggulan lainnya adalah solar rooftop lebih mudah dan murah diintegrasikan dengan sistem kelistrikan yang sudah ada, dapat memanfaatkan lahan yang ada (mengurangi biaya investasi lahan dan degradasi lahan), serta dapat turut mengurangi jaringan sistem yang ada.

Berikut rangkuman manfaat dan kelebihan solar rooftop, dikutip dari Handbook for Rooftop Solar Development in Asia:

 

Konstruksi

Situs Akses

Sistem Photovoltaic (PV) adalah komponen utama konsumsi energi tenaga surya, sehingga tidak memerlukan investasi tambahan untuk akses selama mengakses energi ini baik saat instalasi, pengoperasian dan pemeliharaan.

Modularitas

Mereka dirancang untuk ekspansi yang mudah jika permintaan daya yang dibutuhkan meningkat tiba-tiba.

Pengoperasian dan Pemeliharaan

Pasokan Energi Utama

Energi matahari tersedia secara bebas, dan sistem PV tidak memerlukan biaya untuk mengkonversi energi tersebut menjadi listrik.

Pemeliharaan

Sistem PV solar rooftop hanya membutuhkan sedikit perawatan.

Puncak Kebutuhan

Sistem ini untuk mengimbangi kebutuhan pembangkit listrik untuk memenuhi permintaan listrik yang tinggi pada siang hari.

Teknologi Canggih

Sistem PV saat ini didasarkan pada teknologi terbukti yang telah beroperasi selama lebih dari 25 tahun.

Dampak

Investasi

Biaya sistem PV atap membantu mengimbangi bagian dari investasi yang diperlukan untuk pembangkit listrik baru, transmisi, dan pendistribusian dalam jaringan listrik.

Biaya

Penghematan bahan bakar dari sistem PV biasanya mengimbangi biaya awal yang relatif tinggi.

Lingkungan

Sistem PV tidak menghasilkan polusi atau limbah saat beroperasi. Dampak penggunaan teknologi ini sangat penting bagi manfaat lingkungan.

 

Meskipun sitem rooftop ini lebih murah, tetapi pengeluaran anggaran untuk pemasangan sistem ini dapat lebih ditekan jika dikerjaan secara kolektif. Misalnya oleh pengembang perumahaan, kawasan industry, hingga proyek CSR bagi pedesaan dalam skala yang cukup besar. Rasio perbandingan harga listrik tenaga surya 5000 watt pun akan cukup jauh berbeda.

Oleh karena itu, Sankelux menawarkan paket solar rooftop untuk kategori proyek. Untuk deskripsi dan spesifikasi produk serta informasi lebih lanjut lainnya, Anda bisa melihatnya di website kami.

1
2
3