sankelux ×

Memilih Jenis Pompa Air Sumur Bor Tenaga Surya Yang Tepat

SANKELUX- Setiap sumur bor memiliki kedalaman yang berbeda-beda, biasanya disebabkan oleh lokasi pembangunan sumur. Alasan kenapa lokasi menentukan kedalaman sumur bor ideal ialah karena kondisi tanah atau kontur yang berbeda.

Perbedaaan kedalaman sumur bor ini tentunya berpengaruh kepada pompa air yang digunakan. Termasuk untuk pompa air sumur bor tenaga surya, harus tepat dan sesuai dengan kondisi kedalaman sumber air.

Ada beberapa jenis pompa air sumur bor tenaga surya tergantung bagaimana mereka diklasifikasikan. Tetapi, utamanya ada 2 jenis pompa air sumur bor tenaga surya jika dilihat dari tingkat kedalamannya.

1.       1. Submersible Pumps

Seperti namanya, ‘submersible’ yang berarti menyelam. Pompa ini pun sifatnya seperti menyelam, yaitu dengan di tempatkan jauh di bawah permukaan tanah dan terendam air. Kepala hisap dari jenis pompa  ini berada lebih dari 10 meter. Alat ini dapat memompa hingga 500-1000 galon per hari dan dapat mengangkat hingga kedalaman 20 kaki. Instalasi pompa ini dilakukan dengan menggali sumur bor, yang mengarah ke peningkatan biaya instalasi dan pemeliharaan. Pompa ini membutuhkan perawatan setiap 2 hingga 4 tahun.

2.       2. Surface Pumps

Permukaan pompa jenis ini mudah untuk dikenali, cirinya adalah pompa ini keluar dari air alias tidak terendam. Pompa jenis surface dipasang di permukaan air dengan kedalaman kurang dari 10 meter. Karena pompa harus berada di permukaan, pompa ini menjadi lebih mudah untuk diinstalasi dan dilakukan perawatan. Faktor inilah yang yang membuat pompa jenis surface menjadi lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis submersible

 Pemilihan jenis pompa air sumur bor tenaga surya ini didasarkan pada tingkat air tanah dan sumber air. Dalam kasus sumur dengan kedalaman lebih dari 10-15 meter, digunakan pompa submersible. Sedangkan untuk jenis surface pumps cocok digunakan untuk sumber air di ruang terbuka, seperti sungai, kolam, dan lain-lain dengan kedalaman air kurang dai 10 meter.

Dengan demikian, dapat disimpulkan jika jenis submersible tepat untuk digunakan di dataran tinggi dengan kedalaman sumber air puluhan meter. Sedangkan untuk wilayah dataran rendah, bisa menggunakan jenis surface. Nah, jenis pompa air sumur bor tenaga surya mana yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda?

1
2