sankelux ×

Kesalahan Umum Yang Harus Kamu Tahu Jika Memasang Pompa Air Sumur Bor Tenaga Surya

Penggunaan pompa air untuk kebutuhan rumah tangga masih menjadi primadona bagi masyarakat. Menurut data, hanya 25% rumah tangga yang menggunakan layanan PDAM dan sisanya adalah pengguna air sumur. Di kota-kota sekalipun, untuk rumah yang sudah menggunakan PDAM biasanya juga memasang pompa air untuk air sumur. Jenis pompa air yang beredar dipasaran terdapat berbagai macam merk dan tipe. Dan berbeda-beda pula penggunaannya sesuai dengan kedalaman air.

Selain pompa air konvensional, rumah-rumah di kota sudah mulai memasang pompa air sumur bor tenaga surya. Mereka beranggapan bahwa tenaga surya jauh lebih efisien dalam budgeting dan berbagai alasan manfaat lainnya. Tapi tahukah Anda, bahwa pompa air tenaga surya pun akan mengalami beberapa masalah? Nah, jika Anda sudah memasang pompa air tenaga surya, maka Anda harus mengenali beberapa kesalahan umum yan kerap terjadi dan apa yang harus dilakukan.

Dalam penggunaan panel surya untuk pompa air, ada beberapa masalah yang mungkin muncul, seperti:

1.       Pompa air tidak menyala sesuai waktu yang diinginkan

Jika dalam rencana harusnya pompa bekerja minimal dua jam, namun saat pemakaian hanya mampu menyala satu jam. Maka Anda harus perhatikan kembali berapa daya pompa air. Pastikan daya panel surya lebih besar dibanding daya kebutuhan harian pompa air. Jangan terburu-buru menyalakan baterai, karena baterai hanya berfungsi untuk menyimpan energi.

2.       Pompa air tidak mau menyala

Jika hal ini terjadi, perhatikan jenis inverter yang digunakan. Pastikan minimal kapasitas inverter yang digunakan 3-5 kali kapasitas pompa air. Karena motor listrik membutuhkan daya start yang tinggi.

3.       Fault dan error

Jika hal ini terjadi, cek rangkaian sistem secara berlebihan secara teliti dan pastikan konektor terpasang dengan baik.

 

Apakah pompa air sumur bor tenaga surya Anda pernah mengalami permasalahan diatas? Tidak perlu khawatir, Anda tinggal mengecek kembali bagian-bagian yang diperlukan seperti penjelasan diatas. Pompa air tenaga surya Anda akan berfungsi kembali dengan normal. Selamat mencoba!

1
2